Home Gaya Hidup Energi Biomassa Makin Populer, Sebagai Energi Alternatif?

Energi Biomassa Makin Populer, Sebagai Energi Alternatif?

Jakarta, Gatra.com - Energi biomassa adalah sumber energi terbarukan yang berasal dari bahan organik yang dapat diperbarui, seperti tanaman, hewan serta limbah. Biomassa dapat dikonversi menjadi berbagai macam produk, termasuk listrik, panas dan bahan bakar.

Menurut Lina selaku ketua panitia penyelenggara event yang bertemakan "Indonesia Renewable Energy Investment Summit 2023" yang akan digelar di grand ballroom Hotel Pullman Jakarta pada 13-14 November 2023 mendatang, energi biomassa telah digunakan selama berabad-abad untuk menghasilkan panas dan cahaya.

"Namun, baru-baru ini, energi biomassa telah menjadi semakin populer sebagai sumber energi alternatif untuk bahan bakar fosil," ungkap Lina dalam keterangan yang diterima, Kamis (31/8/2023).

Hal ini karena energi biomassa memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan bahan bakar fosil seperti:

• Energi biomassa adalah sumber energi terbarukan, yang berarti dapat diperbarui tanpa habis.

• Energi biomassa tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca, yang berkontribusi terhadap perubahan iklim.

• Energi biomassa dapat digunakan untuk menghasilkan berbagai macam produk, yang dapat membantu mengurangi ketergantungan kita pada bahan bakar fosil.

Saat ini, energi biomassa tambah Lina telah menjadi sumber energi yang semakin penting di dunia. Pada tahun 2019, energi biomassa menyumbang sekitar 10% dari produksi listrik global. Jumlah ini diperkirakan akan terus meningkat dimasa depan, seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan sumber energi terbarukan.

Ada banyak cara untuk menggunakan energi biomassa. Salah satu cara yang paling umum adalah untuk membakar biomassa untuk menghasilkan panas atau listrik. Biomassa juga dapat dikonversi menjadi bahan bakar cair, seperti biodiesel dan bioetanol. Bahan bakar cair ini dapat digunakan untuk transportasi, mesin industri dan mesin pertanian.

Energi biomassa adalah sumber energi yang bersih, terbarukan dan efisien. Energi biomassa dapat membantu mengurangi ketergantungan kita pada bahan bakar fosil dan mengurangi dampak negatifnya terhadap lingkungan. Energi biomassa adalah bagian penting dari masa depan energi dunia.

Berikut adalah beberapa contoh penggunaan energi biomassa:

• Pembangkit listrik tenaga biomassa.

• Pemanas biomassa.

• Mobil berbahan bakar biodiesel.

• Mesin pertanian berbahan bakar bioetanol.

• Pupuk organik.

• Kompos.

Energi biomassa memiliki peran krusial dalam masa depan energi global. Dengan memanfaatkan sisa-sisa organik, seperti limbah pertanian, kayu dan limbah makanan, energi biomassa dapat mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil yang semakin langka. Kelebihan lainnya adalah kemampuannya dalam menurunkan emisi gas rumah kaca, yang bertanggung jawab atas perubahan iklim.

Selain manfaat lingkungan, pengembangan energi biomassa juga berpotensi mendukung perekonomian dengan menciptakan lapangan kerja dan mendorong pertumbuhan industri. Namun, untuk mengoptimalkan potensinya, investasi dalam riset dan teknologi yang lebih efisien tetap dibutuhkan.

Energi biomassa merupakan salah satu dari energi terbarukan, dikarenakan energi biomassa merupakan suatu inovasi karena adanya energi terbarukan. Maka dari itu, PT Shan Hai Map melihat bahwa dengan mendorong energi terbarukan maka dapat menjaga lingkungan hijau disuatu negara, kestabilan suhu bumi sehingga mencegah terjadinya perubahan iklim sehingga perusahaan Shan Hai Map akan menyelenggarakan event yang bertemakan "Indonesia Renewable Energy Investment Summit 2023" yang akan diadakan pada tanggal 26-27 Oktober di Grand Ballroom Hotel Pullman Jakarta Barat.

Pada event ini, PT Shan Hai Map akan menjelaskan pentingnya peran “Energi Terbarukan” di kehidupan manusia di kehidupan sekarang, serta untuk menarik perhatian para investor dari luar negeri agar dapat melakukan investasi di Indonesia dalam bidang energi terbarukan. Sehingga tidak hanya memajukan perekonomian Indonesia, namun juga berharap dengan mendorong energi terbarukan ini dapat lebih ramah lingkungan karena dapat mengurangi pencemaran udara dan kerusakan lingkungan akibat eksplorasi.

Jika anda tertarik dan merupakan salah satu pelaku bisnis yang berkaitan dengan bidang energi terbarukan, anda dapat mendaftarkan diri anda dan perusahaan anda melalui link dan email dibawah ini.

https://forms.gle/CdNueFyrUJ7GrW5S7 [email protected]

106