Home Politik Ayodhia Kalake Ditunjuk Presiden sebagai Penjabat Gubernur NTT

Ayodhia Kalake Ditunjuk Presiden sebagai Penjabat Gubernur NTT

Kupang, Gatra.com –‎ Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menunjuk Ayodhia Kalake sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT). Dia menggantikan Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat dan Wakilnya, Josef Nae Soi yang akan mengakhiri masa jabatan 5 September 2023 mendatang. Penunjukan Ayodhia ini dikonfirmasi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi NTT, Kosmas Lana.

“Sudah ada pembertahuan dari Kenendagri soal Penjabat Gubernur NTT, yakni Ayodhia Kalake yang saat ini menjabat Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Kemenkomarves),” kata Kosmas Lana pada Jumat ( 1/9).

Menurut dia, Ayodhia Kalake akan dilantik menteri Dalam Negeri bersama 9 Penjabat Gubernur lainnya di Jakarta 5 September 2023 mendatang.

“Ayodhia Kalake akan dilantik menteri Dalam Negeri bersama 9 Penjabat Gubernur lainnya oleh Menteri Dalam Negeri di Jakarta. Sorenya akan dilakukan serah terima di Kantor Badan Penghubung Provinsi NTT di Jakarta, Jalan Tebet Timur Dalam,” kata Kosmas.

Ayodhia Kalake yang biasa disapa Odi Kalake berdarah Adonara, Kabupaten Flores Timur, NTT. Dia lahir dan besar di Bandung, Jawa Barat, meraih gelar sarjana dari Universitas Padjadjaran dan master (S2) dari Universidad Complutense de Madrid.

Odi Kalake bekerja di Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Kemenkomarves). Ia pernah menjabat sebagai Asisten Deputi Delimitasi dan Zona Maritim dan Kawasan Perbatasan Kemenkomarves. Kemudian menjabat Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenkomarves.

Pada 25 Mei 2021, Ody Kalake diangkat menjadi anggota Dewan Komisaris PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk (PTPP), berdasarkan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).

PTPP merupakan perusahaan pelat merah di bawah Kementerian BUMN. Dengan demikian, pengangkatan Ody Kalake tentunya atas persetujuan Menteri BUMN, Erick Thohir.

Selanjutnya, pada 3 Januari 2022, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan melantik Ody Kalake sebagai Sekretaris Kemenkomarves.

Sumber Gatra.com menyebutkan, sesuai Sidang Tim Penilai Akhir (TPA) yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan dihadiri Wakil Presiden Ma’ruf Amin di Istana Merdeka Jakarta pada Kamis 31 Agustus 2023, pukul 18.00 WIB, memutuskan 10 nama Penjabat Gubernur di Indonesia.

Ke-10 orang Penjabat Gubernur ini akan dilantik oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian di Kementerian Dalam Negeri pada Selasa, 5 September 2023. Mereka adalah:

1. Sang Made Mahendra Jaya menggantikan Gubernur Bali Wayan Koster.

2. Nana Sudjana menggantikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

3. Bey T. Machmuddin menggantikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

4. Hassanudin menggantikan Gubernur Sumatera Utara Edi Rahmayadi.

5. Harisson Azroi menggantikan Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji.

6. Andap Budhi Revianto menggantikan Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi.

7. Bachtiar Baharuddin menggantikan Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman.

8. Ridwan Rumasukun menggantikan Gubernur Papua Lukas Enembe.

9. Ayodhia Kalake menggantikan Gubernur NTT Viktor Laiskodat.

10. Gita Ariadi menggantikan Gubernur NTB Zulkieflimansyah.

121