Home Gaya Hidup Korea Tourism Organization Hadirkan Korea Culture & Travel Festival 2023

Korea Tourism Organization Hadirkan Korea Culture & Travel Festival 2023

Jakarta, Gatra.com- Korea Tourism Organization (KTO) menyelenggarakan Korea Culture & Travel Festival 2023. Presiden KTO, Kim Jang Sil mengatakan, rangkaian acara ini berisi K-Travel Mart & Night 2023, K-Travel Expo 2023 dan K-Culture Popup Square 2023.

Rangkaian acara pertama adalah K-Travel Mart & Night yang berlangsung pada tanggal 31 Agustus 2023 di The Westin Jakarta. Acara ini mengusung konsep konsultasi B2B (Business to Business) antara pelaku wisata Korea Selatan dengan Indonesia untuk memajukan bisnis pariwisata.

Kali ini, K-Travel Expo diadakan pada tanggal 1 – 3 September 2023 di Grand Atrium Kota Kasablanka, Jakarta Selatan. "Acara ini dilakukan untuk mempromosikan pariwisata Korea kepada masyarakat Indonesia, sekaligus merayakan setengah abad sejarah berhubungan diplomatik antara Indonesia dan Korea Selatan serta memperkuat persahabatan dan kerja sama kedua negara," ungkap Kim  dalam sambutannya saat pembukaan K-Travel Expo 2023 di Mall Kota Kasablanka, Jumat (1/9).

Baca juga: Indonesia Harap Korea Perluas Sektor Pekerjaan bagi Pekerja Migran

Ia menyebut bahwa memasuki tahun 2023, pasar wisata global telah mencapai sekitar 80% dari kondisi sebelum Covid-19 terjadi. Termasuk pertukaran pariwisata antara Korea dan Indonesia pada paruh pertama ini juga telah lebih dari 75% dimana 140 ribu orang Korea Selatan yang berkunjung ke Indonesia.

"Saya berharap pemulihan ini bisa semakin cepat. Saya juga berharap kecintaan masyarakat Indonesia terhadap ke kultur Korea, seperti K-Pop, K-Drama dan K-Food akan menimbulkan minat untuk berkunjung ke Korea," papar Kim.

Kim mengatakan bahwa Korea akan memasuki musim gugur dan musim dingin dimana menjadi waktu yang tepat untuk berkunjung. "Kami menyarankan anda untuk berjalan-jalan di sepanjang dedaunan musim gugur yang berwarna-warni indah serta menikmati olahraga musim dingin yang sejuk dan dinamis," ungkap dia

Sementara itu, Duta Besar Republik Korea untuk Republik Indonesia, Lee Sang Deok mengatakan bahwa pada 18 September 2023 mendatang merupakan peringatan 50 tahun terjalinnya hubungan diplomatik antara Korea Selatan dan Indonesia. "Hari ini menandai peringatan 50 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Korea dapat berarti meningkatkan kerja sama persahabatan antara kedua negara," jelas dia

Menurut dia, acara ini sangat berarti karena persahabatan antara kedua negara telah menyediakan tempat untuk festival. Di mana konsumen bisa dapat berkumpul dan merasakan budaya dan industri pariwisata Korea Selatan.

"Saya berharap acara ini juga akan menjadi kesempatan berharga bagi kedua pemerintah lembaga publik dan industri perjalanan untuk memperluas pertukaran pariwisata bersama sambil mencari paradigma pariwisata baru di era pandemi," tegas Lee.

K-Travel Expo memberikan penawaran bagi yang berencana berlibur ke Korea sekaligus menyuguhkan berbagai program hiburan. Harga spesial untuk penerbangan ke Korea dipersembahkan oleh Asiana Airlines, Cathay Pacific,  Garuda Indonesia, Korean Air, Royal Brunei Airlines, Singapore Airlines, dan Thai Airways.

Pengujung juga bisa mendapatkan penawaran spesial untuk paket wisata melalui 10 agen pariwisata pilihan yang hadir di Food Society Kota Kasablanka. Pengunjung yang ingin mendapatkan informasi lebih mengenai wisata dan kegiatan di Korea dapat mendatangi stan kantor pariwisata regional Korea di Grand Atrium.

Baca juga: BI Gandeng Bank of Korea Guna Dorong Penggunaan Mata Uang Lokal

Direktur Pemasaran Pariwisata Regional I, Kemenparekraf/Barekraf, Raden Wisnu Sindhutrisno menyebut bahwa Korea Selatan adalah salah satu negara menyumbang wisatawan besar ke Indonesia dengan selalu masuk 10 besar, bahkan sebelum pandemi adalah 5 besar.

Wisnu menyebut kegiatan ini lebih sebagai output bagi Indonesia. "Walaupun mereka pameran di sini untuk menarik orang Indonesia ke sana, itu biasa strategi marketing seperti kita juga mengadakan pameran di luar negeri untuk menarik perhatian ke Indonesia," jelasnya

Bersamaan ini, Indonesia juga akan melakukan jamuan kepada delegasi Korea Selatan dengan mengajak ke destinasi wisata tanah air. "Ketika delegasi mereka ke sini, kita ajak juga untuk keliling ke destinasi kita di Jakarta dan Yogyakarta yang terdekat dan nanti pun akan sama ketika ada promosi Indonesia di Korea kita juga akan selalu di host  untuk jalan-jalan ke destinasi mereka sehingga meningkatkan kunjungan atau saling kunjung," pungkasnya.

208

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR