Home Nasional Pejabat Militer AS dan Indonesia Resmi Buka Latihan Super Garuda Shield 2023

Pejabat Militer AS dan Indonesia Resmi Buka Latihan Super Garuda Shield 2023

Surabaya, Gatra.com – Super Garuda Shield 2023 resmi dibuka pada 31 Agustus 2023 dengan digelarnya upacara pembukaan di Jawa Timur yang dihadiri pejabat senior militer Amerika Serikat (AS) dan Indonesia. Latihan tahun ini adalah tahun kedua rangkaian latihan Super Garuda Shield yang merupakan pengembangan dari program pertukaran Garuda Shield yang diselenggarakan pertama kali pada 2019, dan kali ini mempertemukan tujuh negara peserta serta 12 negara pengamat dalam sebuah latihan gabungan multilateral.

“Kepada rekan-rekan, mitra dan sekutu di lapangan, saya ucapkan terima kasih. Terimakasih juga kepada pemerintah dan rakyat serta militer Indonesia. Terima kasih telah menerima kami di Indonesia, di Super Garuda Shield ini, dan terima kasih kepada negara-negara peserta dan pengamat,” kata Komandan Jenderal U.S. Army I Corps. Letnan Jenderal Xavier Brunson.

Dalam kegiatan tersebut, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono bersama Letjen Brunson menghadiri upacara pembukaan untuk latihan lapangan di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) 5 Baluran, Situbondo, di mana anggota militer setiap negara yang berpartisipasi akan melakukan latihan pendaratan amfibi, operasi lintas udara, latihan perebutan pangkalan udara, dan latihan lapangan gabungan dengan latihan menembak senjata sebagai puncak acara.

Ilustrasi Latihan Super Garuda Shield 2023 (Doc. US Army)

Upacara pembukaan yang berlangsung di Pusat Latihan Kapal Perang (Puslatkaprang) Koarmada II di Surabaya diawali pidato dari Komandan Jenderal 8th Theater Sustainment Command Mayjen Jered P. Helwig, dan Komandan Guspurla Koarmada II Laksamana Pertama TNI Edi Haryanto.

Latihan STAFFEX yang berbasis di Surabaya melibatkan para pelatih militer AS dari Hawaii National Guard, dari seluruh matra TNI, serta angkatan bersenjata Australia dan Inggris.

“Kami [TNI] sangat gembira bisa menyelenggarakan STAFFEX Super Garuda Shield 2023 di Surabaya,” kata Laksamana Pertama TNI Edi Haryanto.

“Latihan selama dua minggu ke depan akan berpusat pada perencanaan transisi dalam operasi pertahanan,” Edi menambahkan.

Melalui pelatihan tersebut, peserta di Surabaya akan meningkatkan pemahaman mengenai proses perencanaan bersama dan fungsi staf, Komando dan Pengendalian bersama, penentuan kebutuhan akhir sumber daya logistik dan tenaga kerja, serta pengembangan konsep Komando Gabungan Wilayah Pertahanan TNI (Kogabwilhan).

Ilustrasi Latihan Super Garuda Shield 2023 (Doc. US Army)

“Super Garuda Shield merupakan latihan militer terbesar Amerika Serikat dengan Indonesia dan latihan ini memperkuat hubungan bilateral Amerika-Indonesia melalui perencanaan, pelatihan, dan latihan bersama,” ujar Mayjen Helwig.

Sepanjang 10 tahun terakhir, Pasukan Hawaii National Guard dan personil angkatan udara pria maupun wanita telah bertukar pengetahuan luas tentang perencanaan militer dengan TNI, berkat adanya upaya Bantuan Kemanusiaan dan Bantuan Bencana (HADR) selama bertahun-tahun melalui Program Kemitraan Negara (SPP).

Hawaii National Guard memberikan spektrum pengalaman luas dalam beberapa tahun terakhir dan telah membentuk “J-Staffs” guna merespons operasi domestik nyata baru-baru ini untuk menangani bencana-bencana seperti letusan gunung berapi, banjir, COVID-19, dan saat ini, Respons Kebakaran Hutan Lahaina di Hawai.

257