Home Politik Koalisi Pengusung Prabowo Tengah Susun Tim Pemenangan Jelang Pilpres 2024

Koalisi Pengusung Prabowo Tengah Susun Tim Pemenangan Jelang Pilpres 2024

Jakarta, Gatra.com - Bakal calon presiden (bacapres) usungan Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto menyampaikan bahwa pihaknya saat ini tengah menyusun pembentukan Tim Pemenangan Nasional menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Ia menyebut, KIM juga berkomunikasi dengan sejumlah tokoh terkait pembentukan itu.

"Tadi, tentang Tim Pemenangan, kita sedang susun, ketua timnya juga kita akan bicarakan, kita juga akan approach tokoh-tokoh, kita akan tentunya sowan beberapa tokoh itu dan kita akan minta kesediaannya," kata Prabowo Subianto dalam konferensi pers usai pertemuan dengan partai politik anggota KIM, di DPP Partai Golkar, Jakarta, Kamis (14/9) malam.

Namun demikian, Prabowo tidak menyebutkan secara pasti kapan tim pemenangan itu akan diumumkan ke publik. Ia hanya menegaskan bahwa proses pembentukan itu terus berjalan di internal koalisi.

"Ini sudah proses berjalan. Pada saatnya akan kita sampaikan," ujar Prabowo.

Sebagaimana diketahui, Partai Gerindra, Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN), serta Partai Gelora dan Partai Bulan Bintang (PBB), telah resmi mendeklarasikan dukungan mereka terhadap Menteri Pertahanan Prabowo Subianto untuk maju sebagai calon presiden (capres). Kelima partai itu pun sepakat untuk menjalin kerja sama politik di bawah naungan Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Sebelumnya, koalisi tersebut lebih dikenal dengan nama Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR). Namun, nama koalisi itu berubah tak lama setelah PAN dan Golkar bergabung dalam koalisi.

Tak lama setelahnya, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang semula berada dalam KKIR bersama Gerindra pun memutuskan untuk hengkang dan bergabung dengan Koalisi Perubahan. Hal itu dilakukan PKB seiring deklarasi pengusungan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebagai bacawapres pendamping bacapres usungan Koalisi Perubahan Anies Baswedan.

113