Home Politik Prabowo Dianggap Capres Paling Rasional untuk Dipilih pada Pilpres 2024

Prabowo Dianggap Capres Paling Rasional untuk Dipilih pada Pilpres 2024

Jakarta, Gatra.com - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto disebut sebgaai calon presiden (Capres) yang paling rasional untuk dipilih pada Pilpres 2024 mendatang. Dari ketiga kandidat capres yang dimungkinkan akan berlaga, hanya Prabowo yang dipastikan masuk ke putaran berikutnya.

Hal itu disampaikan peneliti senior Voxpopuli Research Center, Prijo Wasono. Ia mengatakan Prabowo merupakan capres yang akan mendapatkan limpahan suara dari pendukung Capres PDIP, Ganjar Pranowo dan Capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Baswedan bila masuk ke putaran kedua.

“Prabowo masih menjadi pilihan alternatif jika hanya tersedia tiga kandidat yang berlaga,” kata Prijo dalam acara rilis survei Voxpopuli, Sabtu (16/9).

Selain menjadi capres paling rasional yang bisa dipilih pada Pilpres 2024, Prabowo dalam survei terbaru yang dilakukan Voxpopuli Research Center periode 1–7 September terbukti menempati peringkat pertama. Capres Koalisi Indonesia Maju (KIM) itu berhasil mendapatkan dukungan sebesar 26,2 persen.

Di belakangnya diikuti perolehan suara yang didapatkan Ganjar dengan 24,3 persen dan Anies yang masih tertahan di peringkat ketiga dengan 16,1 persen.

Kendati demikian, Prijo menekankan kubu Prabowo harus menentukan figur cawapres yang tepat. Hal itu lantaran, figur cawapres yang tepat bisa turut serta mengangkat elektabilitas Prabowo lebih kuat dan bisa membuka peluang menang lebih besar pada Pilpres 2024.

“Penentuan cawapres berpotensi mengungkit elektabilitas, tetapi figur Capres menjadi yang paling menentukan sebagai modal awal dukungan,” ujarnya.

164