Home Politik Pengamat Nilai Prabowo Masih Dicintai Rakyat dan Jadi Pilihan Utama Capres

Pengamat Nilai Prabowo Masih Dicintai Rakyat dan Jadi Pilihan Utama Capres

Jakarta, Gatra.com - Bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto dianggap sosok pemimpin yang sangat dicintai masyarakat. Berkat hal ini Menteri Pertahanan tersebut terus menjadi pilihan utama masyarakat dalam menatap kepemimpinan Indonesia selanjutnya.

Terbukti, elektabilitas Prabowo terus berada di posisi tertinggi mengungguli Capres PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo dan Capres Koalisi Perubahan untuk Persatu (KPP) Anies Baswedan.

"Itu sebabnya Pak Prabowo punya elektabilitas yang bagus dalam konteks Pilpres 2024. Kenapa, karena dia masih ada di hati masyarakat," kata Direktur Eksekutif Survei and Polling Indonesia Igor Dirgantara, Selasa (19/9).

Igor melihat, banyaknya gelombang dukungan Prabowo membuktikan kecintaan masyarakat. Hal ini juga dipicu arah kepemimpinan Capres Koalisi Indonesia Maju (KIM) tersebut yang lebih jelas ketimbang kandidat lain.

Seperti halnya meneruskan program dan kebijakan pemerintahan Presiden Jokowi saat ini. Komitmen itulah yang menjadikan Prabowo banyak didukung kalangan masyarakat akar rumput.

Terbaru, Prabowo mendapat dukungan dari kalangan masyarakat buruh, petani, dan nelayan. Kelompok masyarakat yang tergabung dalam Relawan Gerilya 08 itu melakukan deklarasi secara serentak di seluruh Indonesia untuk memenangkan Prabowo.

Dukungan ini masyarakat akar rumput tersebut juga terekam dalam hasil survei Polling Institute periode 21-25 Agustus 2023, Prabowo mendapat dukungan tertinggi di kalangan buruh sebesar 38,8 persen. Kemudian di kalangan masyarakat petani dan nelayan, Prabowo mendapat dukungan sebesar 32,1 persen.

"Jadi Prabowo ini kenapa banyak relawan yang mendukung dia kalangan buruh, petani, dan nelayan karena Prabowo itu jelas," ujarnya.

105