Home Ekonomi Neraca Perdagangan RI Surplus US$4,4 Miliar hingga Agustus 2023

Neraca Perdagangan RI Surplus US$4,4 Miliar hingga Agustus 2023

Jakarta, Gatra.com - Bank Indonesia (BI) memperkirakan kinerja Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) akan tetap baik. Neraca perdagangan sampai dengan Agustus 2023 mencatat surplus sebesar US$4,4 miliar.

“Sehingga mendukung transaksi berjalan triwulan III 2023 tetap terjaga,” kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam konferensi pers RDG bulan September di Jakarta, Kamis (21/9).

Sementara itu, kata Perry, aliran modal asing ke pasar keuangan domestik dalam bentuk investasi portofolio pada triwulan III 2023 (hingga 19 September 2023) mencatat  net outflow sebesar US$1,7 miliar. Hal ini dipengaruhi oleh ketidakpastian pasar keuangan global yang meningkat.

BI juga mencatat cadangan devisa Indonesia pada akhir Agustus 2023 tercatat tinggi sebesar US$137,1 miliar, setara dengan pembiayaan 6,2 bulan impor atau 6,0 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri Pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

Baca Juga: BI: Di Tengah Ketidakpastian Global, Neraca Pembayaran RI Terjaga Stabil

Ke depan kata Perry, BI memperkirakan kinerja NPI pada 2023 akan tetap terjaga dengan transaksi berjalan dalam kisaran surplus 0,4% sampai dengan defisit 0,4% dari PDB.

“Neraca transaksi modal dan finansial juga diprakirakan tetap terjaga didukung oleh aliran modal masuk dalam bentuk penanaman modal asing (PMA),” katanya.

22