Home Ekonomi UMKM Jombang Didorong Kembangkan Usaha Baru

UMKM Jombang Didorong Kembangkan Usaha Baru

Jakarta, Gatra.com – Ketua UMKM Sahabat Sandi Uno Jombang, Fatah Yasin, mengatakan, pihaknya mendorong UMKM Jombang untuk pengembangan variasi dalam industri UMKM.

Fatah menyampaikan, pihaknya mendorong para pelaku UMKM di Jombang menjelajahi peluang bisnis baru, yaitu sabun cuci piring sebagai pengembangan variasi dalam industri UMKM setelah Jombang terkenal sebagai pusat produksi tahu yang produktif.

“Desa Ngumpul ini banyak UMKM, seperti pabrik tahu, lontong, ketupat,” katanya.

Untuk mendorong bisnis baru dan kewirausahaan lokal dan menciptakan lapangan kerja baru tersebut, lanjut Fatah dalam keterangan pada Sabtu (23/9), pihaknya menggelar pelatihan di Balai Desa Ngumpul Jogoroto, Jombang, Jawa Timur (Jatim).

“Jombang ini terkenal dengan UMKM pabrik pembuatan tahu, maka dari itu, Sahabat Sandi ingin bervariasi ke UMKM lain, salah satunya dengan mengadakan pelatihan pembuatan sabun cuci piring,” ujarnya.

Ia menjelaskan, program ini dirancang khusus untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat yang belum memiliki usaha atau ingin membuka usaha baru untuk menciptakan kreativitas. Tingginya tingkat partisipasi dalam pelatihan ini menunjukkan semangat masyarakat Jombang untuk mengembangkan bisnis baru.

“Masih banyak masyarakat yang tidak memiliki usaha sendiri sehingga dengan adanya ini, dengan harapan bisa mendorong masyarakat agar mereka bisa mengembangkan kreativitas dalam membuat sabun cuci piring,” ujarnya.

Dengan pelatihan ini, masyarakat Jombang akan mampu mengembangkan dan menerapkan apa yang telah dipelajari dari pemateri. Para peserta mengharapkan Sandiaga Uno bisa terus mendukung program tersebut, dan terus mendampingi masyarakat Jombang dalam pengembangan produk sabun cuci.

Selain itu, pelatihan ini juga diharapkan akan menciptakan peluang bisnis baru, menumbuhkan ekonomi lokal, hingga membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat Jombang.

“Harapan kami agar Pak Sandi bisa terus mendampingi masyarakat yang sudah mengikuti pelatihan ini agar mereka bisa terus mengembangkan program produk sabun. Ini bisa jadi usaha baru, kreativitas baru, dan juga bisa membuka lapangan pekerjaan baru buat mereka,” kata Fatah.

Jamiati, salah satu peserta mengungkapkan terima kasih kepada Sandiaga Uno atas pelatihan yang digelar. Pelatihan tersebut dinilai sangat bermanfaat.

“Karena masyarakat belum ada yang bikin-bikin sabun cuci piring seperti ini, terima masih kepada Bapak Sandiaga,” kata Jamiati.

UMKM Sahabat Sandi Uno Jombang berkomitmen untuk terus memajukan inisiatif ini dan memberikan manfaat lebih besar bagi masyarakat Jombang.

27