Home Politik Tunggu Tanggal Mainnya, Ini Tugas Baru Korlantas Pada Pemilu 2024

Tunggu Tanggal Mainnya, Ini Tugas Baru Korlantas Pada Pemilu 2024

Banten, Gatra.com - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, mengintruksikan Korlantas untuk melakukan berbagai persiapan menghadapi Pemilu serentak tahun 2024 mendatang.

Sigit mengingatkan soal pelaksaan pemilu yang akan dilakukan secara serentak. Lebih lagi, kata dia, jumlah provinsi dan peserta Pemilu pun akan lebih banyak.

"Saya cuma mengingatkan bahwa teman-teman dari jajaran Korlantas juga memiliki peran penting untuk menjaga agar stabilitas kamtibmas tetap terjaga," kata Sigit di acara syukuran Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-68 di Pusdik Lantas Polri, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Senin (25/9).

Dikatakan Sigit, Korlantas harus mempunyai peran disetiap agenda saat agenda sebelum Pemilu. Sigit, lantas merinci soal berbagai kegiatan yang perlu diperhatikan.

"Misalkan pada saat campaign terbuka, ada beberapa lokasi yang bersamaan mungkin tentunya di situ, bagaimana peran rekan-rekan untuk mengatur rutenya agar jangan bertabrakan, kemudian aturan di jalan seperti apa, ini peran dari jajaran lalu lintas," sambungnya.

Selain itu, Sigit menuturkan bahwa nantinya Korlantas juga bakal bertugas untuk melakukan pengawalan terhadap para calon presiden dan calon wakil presiden (Capres-Cawapres) terpilih. Oleh karenanya Korlantas diminta untuk dapat melaksanakan cooling system dalam perhelatan politik tersebut.

"Juga saya titip untuk bisa melakukan cooling system. Karena rekan-rekan jajaran lantas memilki keunggulan di bidang teknologi informasi, jadi saya kira dari ruang-ruang yang dimliki tolong cooling sytem bisa dilaksankana dengan baik," pungkasnya.

Pada kesempatan berbeda, Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi mengatakan, pihaknya telah melakukan berbagai latihan pengamanan pengawalan melekat untuk capres-cawapres terpilih nantinya.

"Nanti ditetapkan, kami langsung melekat untuk melakukan pengawalan. Sampai nanti pelantikan, penetapan Capres-Cawapres mendapat fasilitas pengamanan dari Polri," jelas Firman.

Terkait jumlah personel yang bakal dikerahkan, Firman belum dapat merinci. Dia mengatakan kegiatan Pemilu mendatang merupakan agenda nasional yang pasti akan dipersiapkan Polri terlebih Korlantas.

"Nanti bapak As Ops Kapolri yang bakal menyampaikan detail tentang kekuatan dari masing-masing. Itu agenda nasional kita semua, tugas polisi lalu lintas adalah pada saat adanya pergerakan orang dan barang," ungkapnya.

"Ada kotak suara, surat suara, ada ketika kampanye, ada ketika capres-cawapres bergerak dari satu tempat ke tempat yang lain, semua jadi tugas polisi lalu lintas bersama-sama dengan satgas pam (satuan tugas pengamanan) lainnya. Adapun jadwalnya nanti kita mengikuti jadwal dari KPU," pungkasnya.

45