Home Gaya Hidup Astra Kembali Helat Lomba Foto dan Anugerah Pewarta

Astra Kembali Helat Lomba Foto dan Anugerah Pewarta

Jakarta, Gatra.com – Chief of Corporate Affairs Astra, Riza Deliansyah, mengatakan, pihaknya kembali menggelar Lomba Foto Astra (LFA) dan Anugerah Pewarta Astra (APA). Untuk tahun ini, temanya “Semangat Untuk Hari Ini dan Masa Depan Indonesia”.

Riza dalam konferensi pers pada roadshow acara LFA dan APA serta workshop di Auditorium Mochtar Riady Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Jumat (29/9), menyampaikan, pendaftaran ajang ini telah dibuka sejak 6 Juni hingga 6 November 2023.

Gelaran LFA ke-15 dan APA ke-9 ini masing-masing terdiri dua katogori, yakni umum dan wartawan. Gelaran LFA dan APA ini merupakan ajang apresiasi bagi anak bangsa yang telah memberikan kontribusi positif.

“Lomba Foto Astra dan Anugerah Pewarta Astra 2023 diharapkan menjadi wadah apresias untuk anak-anak bangsa yang telah menyebarluaskan berbagal kontribusi positif yang dilakukan masyarakat sekitar dengan penuh semangat, melalui karya foto ataupun karya tulis,” katanya.

Ia menyampaikan, karya-karya tersebut diharapkan dapat menjadi jembatan inspirasi yang berlandaskan harapan untuk seluruh masyarakat dalam memajukan bangsa untuk hari ini dan masa depan Indonesia.

Ia menjelaskan, foto-foto yang bisa didaftarkan untuk mengikuti LFA adalah yang menggambarkan tentang semangat, usaha, atau kegiatan masyarakat Indonesia pada saat ini untuk menjaga keberlanjutan masa depan bangsa.

Sedangkan untuk karya tulis yang bisa diikutsertakan untuk mengikuti APA, lanjut dia, adalah yang menceritakan kisah inspiratif tentang usaha dan kegiatan yang dilakukan para penerima apresiasi SATU Indonesia Awards, tokoh penggerak Kampung Berseri Astra atau Desa Sejahtera Astra dalam menjaga kehidupan keberlanjutan dengan berkontribusi untuk memajukan masyarakat sekitarnya.

Menurutnya, ada beberapa syarat dan ketentuan untuk mengikuti LFA dan APA, yani peserta merupakan Warga Negara Indonesia (WN), karya yang diikutsertakan adalah milik sendiri, dan hasil karya harus sesuai dengan norma-norma sosial serta tidak mengandung unsur kekerasan, politik, pornografi, penghinaan, ataupun pelecehan terhadap SARA.

“Pendaftaran dan informasi selengkapnya dapat dilihat di www.satu-indonesia.com,” katanya.

Bagi karya terbaik untuk kedua kategori tersebut, terdapat sejumlah hadiah menarik, yakni: Juara 1: 4 Honda CBR250RR, Juara 2: 4 Honda CB150X, Juara 3: 4 Honda Vario 125 CBS-ISS, Juara Harapan: 12 Sony ZV1F Viogging Camera, Juara Favorit: 60 Headphones Jabra Elite 45H, Hadiah Hiburan Bulanan: 20 Casio G-Shock Smartwatch.

Ia menyampaikan, semangat Astra mendukung kemajuan bangsa untuk hari ini dan masa depan Indonesia Sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa dan mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia.

Dekan FISIP UI, Prof. Dr. Semiarto Aji Purwanto, menyampaikan, ajang tersebut merupakan kesempatan bagi masyarakat umum, awak media atau jurnalis, hingga sivitas akademika untuk bisa menggambarkan format Bangsa Indonesia ke depan lewat narasi dan foto-foto.

Menurutnya, gelaran bertajuk “Semangat Untuk Hari Ini dan Masa Depan Indonesia” ini sejalan dengan yang dilakukan FISIP UI, yakni terus memacu semangat sekarang dan yang akan datang untuk kebaikan serta masa depan Indonesia.

FISIP UI memiliki tujuh departemen dan tujuh disiplin ilmu. Menurutnya, lomba foto dan narasi ini tidak hanya relevan dengan prodi komunikasi, tetapi semua prodi.

“Media dan kebiasaan literasi kita berubah sangat cepat. Pilihan-pilihan medianya juga berubah. Foto-foto harus bisa berbicara dan menimbulkan penasaran untuk orang cari tahu. Hal-hal human interest sangat penting bisa dicapture lewat foto,” ujarnya.

Ia menyampaikan, FISIP UI yang fokus pada bidang sosial dan politik, dewasa ini selalu bicara seperti apa format Indonesia di masa depan. “Jadi bukan saja masa depan politik, namun juga masa depan sosial masyarakat kita,” ujarnya.

Dengan demikian, masyarakat luas tergerak akan event tersebut, karena tajuk lomba foto dan pewarta berupa narasi yang bisa menggerakkan warga negara untuk melakukan berbagai hal positif untuk saat ini dan masa depan Indnesia.

“Mari kita sama-sama bergerak membayangkan, merancang, dan mengerjakan berbagai PR [pekerjaan rumah] memastikan masa depan Indonesia agar tetap cerah,” kata Prof. Semiarto Aji Purwanto.

56