Home Nasional Presiden Jokowi Beri Instruksi ke TNI untuk Persiapan Tahun Politik 2024

Presiden Jokowi Beri Instruksi ke TNI untuk Persiapan Tahun Politik 2024

Jakarta, Gatra.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan beberapa instruksi kepada semua personel TNI untuk menghadapi tahun politik yang akan segera tiba. Dalam perayaan HUT ke-78 TNI, Presiden meminta agar TNI dapat turut membantu Polri untuk menjaga situasi agar tetap kondusif.

"Kita telah memasuki tahun politik. Saya minta, tetap jaga betul kondisi damai segera padamkan percikan sekecil apapun," ucap Presiden Jokowi memberikan instruksi selaku inspektur upacara dalam perayaan HUT ke-78 TNI di Silang Monas, Jakarta Pusat, Kamis (5/10).

Presiden meminta agar para personel dapat ikut membantu memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait perbedaan pilihan politik bahwa menang dan kalah adalah sesuatu yang wajar.

"Tetap jaga sinergitas dengan Polri, dan tetap jaga netralitas TNI dan tetap pelihara watak kesatria, selalu jadikan sapta marga dan sumpah prajurit pegangan dalam bertindak," kata Presiden Jokowi.

Pada kesempatan kali ini, Presiden juga mengingatkan akan adanya krisis yang tengah dialami masyarakat dunia, terutama krisis pangan yang disebabkan oleh perubahan iklim dan terganggunya rantai logistik dunia.

"Saya minta seluruh TNI punya naluri terkait ini, punya kesadaran dan kepekaan terhadap ini karena urusan pangan adalah urusan perut. Sangat penting dan penentu stabilitas bangsa," tutur Presiden Jokowi lagi.

67