Home Hukum Kapolri Janji Akan Transparan di Kasus Dugaan Pemerasan Pimpinan KPK ke Mentan Syahrul Yasin Limpo

Kapolri Janji Akan Transparan di Kasus Dugaan Pemerasan Pimpinan KPK ke Mentan Syahrul Yasin Limpo

Sleman, Gatra.com – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan pihaknya akan transparan dalam penyidikan kasus dugaan pemerasan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo oleh pimpinan KPK. Tim dari Mabes Polri akan turun menangani kasus yang menyangkut dua nama besar dan dikenal publik ini.

“Jadi yang jelas saya mengikuti perjalanan dari penanganan kasus yang dilaporkan di Polda Metro. Tapi saya juga mendapatkan informasi bahwa kasus tersebut saat ini naik sidik,” katanya, Sabtu (7/8), di GOR Universitas Negeri Yogyakarta.

Kapolri menyampaikan pesan kepada anggota yang menangani kasus ini untuk cermat dan berhati-hati. Hal ini karena kasus yang dilaporkan menyangkut orang dan lembaga yang dikenal publik.

Dirinya telah meminta tim Mabes Polri untuk melakukan asistensi sehingga proses penanganan kasus lebih cermat. Hal ini dilakukan karena Kapolri tidak ingin institusi Polri dianggap tidak profesional.

“Saya minta penyidik menangani secara profesional dan diasistensi. Silakan kalau ada lembaga yang mau ikut mengawasi,” tegasnya.

Kapolri menyatakan Polri akan memeriksa kasus ini secara terbuka dan profesional.“Sehingga kemudian prosesnya betul-betul bisa memberikan rasa keadilan. Saya kira Polri transparan,” paparnya.

Polda Metro Jaya sebelumnya meningkatkan kasus dugaan pemerasan pimpinan KPK terhadap Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dari penyelidikan ke penyidikan usai melakukan gelar perkara, Jumat (6/10) kemarin. Polisi telah meminta enam orang sebagai saksi saat tahap penyelidikan, termasuk Syahrul Yasin Limpo serta sopir dan ajudannya. Rumah dan kantor Syahrul sebelumnya digeledah KPK atas dugaan kasus korupsi.

70