Home Gaya Hidup Festival Taman 2023 Ajak Masyarakat di Perkotaan Tingkatkan Kualitas Hidup

Festival Taman 2023 Ajak Masyarakat di Perkotaan Tingkatkan Kualitas Hidup

Jakarta, Gatra.com - Komunitas Ayo ke Taman menggelar Festival Taman 2023 di Taman Cempaka, Jakarta Timur, pada Minggu (8/10). Festival ini digelar untuk memperingati Hari Habitat di setiap awal Oktober.

Co–founder Ayo Ke Taman, Niken Prawestiti, mengatakan, festival ini berkerja sama dengan Green Week Indonesia dan 30 kolaborator. Mengusung tema "Ruang Sukaria, Ragam Budaya", festival taman tahun ini mengajak masyarakat untuk bergaya hidup ramah lingkungan dan lebih meningkatkan kualitas hidup di perkotaan.

"Harapanya setelah kita datang ke festival taman ini, berikutnya kita punya kebiasaan ke taman dengan secara lebih rutin agar kita lebih sehat," kata Niken di Taman Cempaka, Jakarta Timur pada Minggu (8/10).

"Kemudian hari ini, merupakan penyelenggaraan ketiga di Taman Cempaka, setelah sebelumnya kita mengadakan di Taman Langsat, Jakarta Selatan," tambahnya.

Alasan memilih Jakarta Timur sebagai tempat festival, kata Niken, karena Jaktim memiliki Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang paling luas dibanding dengan wilayah Jakarta lainnya.

"Jadi dibandingkan dengan Kotamadya Jakarta lainnya, Jakarta Timur memiliki RTH paling luas. Jakarta timur ini [Taman Cempaka] sekitar 6 hektare," katanya.

Selain memiliki lahan yang luas, Taman Cempaka juga memiliki beberapa danau alami, serta fasilitas yang memadai. Bahkan Taman Cempaka ini terbilang mudah diakses dengan LRT dan angkutan umum.

Kemudin, Niken juga mengatakan, melalui festival taman ini, pihaknya ingin taman-taman yang ada di Indonesia diramaikan dengan berbagai kegiatan. Hal ini dapat memicu pemerintah untuk membangun lebih banyak taman di Indonesia.

"Supaya kita warga kota bisa lebih sehat dan utamanya supaya taman-taman itu di konektifikasikan dengan transportasi publik," pungkasnya.

Untuk diketahui, peresmian Festival Taman 2023 ini dihadiri oleh Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Irjen Pol (Purn) Sidarto Danusubroto dan Staf Khusus Menteri PUPR Bidang Sumber Daya Air, Firdaus Ali.

81