Home Nasional Pengasuh Ponpes Al-Jauhariyah Beri Ganjar Sorban Merah

Pengasuh Ponpes Al-Jauhariyah Beri Ganjar Sorban Merah

Cirebon, Gatra.com – Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Jauhariyah Balerante, Palimanan, Kabupaten Cirebon, Muhammad Faqih, memberikan sorban merah kepada Ganjar Pranowo.

Muhammad Faqih memberikan sorban tersebut setelah Ganjar tiba di Ponpes Al-Jauhariyah Balerante untuk bersilaturahmi pada Minggu (8/10). Dia disambut sejumlah santri.

Selepas itu, Ganjar diajak menuju sebuah ruangan untuk berdiskusi dan silaturahmi dengan sejumlah pengurus Ponpes Al-Jauhariyah Balerante. Dalam kesempatan itu, Muhammad Faqih memberikan sorban merah.

Bakal calon presiden (Bacapres) dari PDI-Perjuangan ini menyampaikan terima kasih, kemudian melaksanakan salat zuhur berjamaah bersama para pengurus dan pengasuh Ponpes Al-Jauhariyah Balerante.

Usai pertemuan tersebut, Ganjar menyampaikan, banyak hal yang dibicarakan dalam silahturahmi kali ini, di antaranya bagaimana cara mengembangkan Ponpes, baik dari santri beserta fasilitasnya.

“Bertemu dengan para santri dengan para Kiai tadi kita bicara banyak hal tentu bagaimana mengembangkan pesantren, ada soal sekolah, soal fasilitas termasuk tadi bagaimana kita berdikusi soal meningkatkan para santri,” kata dalam keterangan pers.

Ia menyampaikan, jika berbicara mengenai ilmu agama pastinya para santri sudah sangat menguasai. Akan tetapi, untuk dari segi keterampilan bisa dibilang para santri masih membutuhkan itu karena fasilitas di Ponpes belum merata.

“Itu butuh fasilitas dari pendidikan dan maka kalau kemudian ini bisa dikembangkan secara bersama-sama, maka para santri ini insyallah ilmu agamanya mampu, tapi keterampilan hidupnya ada,” ucapnya.

Menurutnya, nanti kalau bekerja di masyarakat mereka menjadi orang-orang yang mandiri. “Ini adalah kawasan yang cukup bersejarah, karena sudah sangat tua [tahun] 1.700-an berdirinya, tentu punya banyak pengalaman yang bagus,” ujarnya.

Lebih lanjut Ganjar menyampaikan para santri yang ada di Ponpes membutuhkan pembinaan agar dapat mengasah kemampuannya. Ia berharap hal ini bisa menjadi sebuah perhatian bagi semua pihak. “Tapi sekali lagi butuh banyak pembinaan dari pemerintah,” katanya.

Selain mengunjungi Ponpes Al-Jauhariyah Balerante, Ganjar juga bersilahturahmi dengan para kuwu atau kepala desa (Kades) di Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, dan Kabupaten Kuningan.

“Para kuwu menyampaikan persoalan-persoalan yang ada di desa. Tata kelola pemerintah yang baik, bagaimana menyejahterakan masyarakat desa,” katanya.

73

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR