Home Nasional BSSN: Satgas Siber dan Sandi Siap Amankan KTT AIS Forum 2023

BSSN: Satgas Siber dan Sandi Siap Amankan KTT AIS Forum 2023

Bali, Gatra.com – Wakil Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Putu Jayan Danu Putra, memastikan bahwa Satgas Pengamanan Siber dan Sandi BSSN siap mengamankan Konferensi Tingkat Tinggi Archipelagic and Island States (KTT AIS) Forum 2023 di Bali.

Putu Jaya dalam keterangan pers pada Minggu (8/10), menyampaikan, Satgas Pengamanan Siber dan Sandi siap melaksanakan identifikasi, deteksi, proteksi, penanggulangan, pemulihan, dan pemantauan insiden keamanan siber dan sandi sebelum dan selama pelaksanaan KTT AIS Forum 2023.

Putu Jaya menyatakan ?demikian setelah mengecek kesiapan satgas pengamanan siber dan sandi BSSN dalam mendukung event internasional ini, terutama di kawasan Bali Nusa Dua Convention Centre (BNDCC).

Ia bersama jajaran meninjau langsung kesiapan Satgas Pengamanan Siber dan Sandi jelang penyelenggaraan KTT AIS Forum 2023 di Bali.

“BSSN memiliki peranan penting untuk mendukung kegiatan-kegiatan semacam ini, sebagaimana waktu penyelenggaraan KTT G20 di Bali, serta KTT ASEAN di Labuan Bajo dan di Jakarta,” katanya.

Selain itu, Putu Jaya juga memastikan Satgas Pengamanan Siber dan Sandi BSSN selalu berkoordinasi dengan para pemangku kepentingan, seperti TNI, Polri, kementerian dan lembaga, serta stakeholder terkait pengamanan siber dan sandi di KTT AIS Forum 2023 ini.

Atas kesiapan optimal yang dilakukan BSSN dalam menyukseskan agenda KTT AIS Forum 2023 ini, Putu Jayan menyampaikan apresiasi atas langkah tersebut.

Menurutnya, peran BSSN sangat penting, berkaitan dengan fungsinya, yaitu melaksanakan keamanan informasi, pengamanan pemanfaatan jaringan telekomunikasi berbasis protokol internet, dan keamanan jaringan dan infrastruktur telekomunikasi bagi kegiatan tersebut.

“Terima kasih kepada seluruh personel Satgas Pengamanan Siber dan Sandi BSSN yang telah menyiapkan dengan baik segala sesuatunya,” kata dia.

Ia menjelaskan, ini menjadi bagian penting untuk menunjukan brand image BSSN sebagai institusi yang mewujudkan keamanan, perlindungan, dan kedaulatan siber serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional, tentunya kepada pemerintah dan masyarakat secara luas.

Indonesia akan menggelar KTT AIS pada 10–11 Oktober 2023 di Bali. Sebanyak 51 negara pulau dan kepulauan, serta sejumlah organisasi internasional, dijadwalkan akan hadir mengikuti kegiatan tersebut.

Tahun ini, AIS Forum 2023 mengusung tema "Fostering Collaboration, Enabling Innovation for Our Ocean and Our Future". Agenda pertemuan tersebut akan berfokus kepada tiga aspek penting, yaitu pembangunan ekonomi biru, tantangan perubahan iklim, dan mempererat solidaritas antara negara pulau dan kepulauan.

99