Home Hukum Ketua KPK Firli Bahuri Akui Bertemu SYL Sebelum Perkara Kementan Dilidik

Ketua KPK Firli Bahuri Akui Bertemu SYL Sebelum Perkara Kementan Dilidik

Jakarta, Gatra.com - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengakui foto yang beredar di mana dirinya bertemu dengan bekas Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) di lapangan bulu tangkis di Mangga Besar, Jakarta Pusat.

Menurut Firli, pertemuan tersebut terjadi tanggal 2 Maret 2022. Yakni sebelum perkara di Kementerian Pertanian ini mulai masuk ke tahap penyelidikan oleh KPK pada sekitar Januari 2023.

“Saya dengan Menteri Pertanian saat itu, Sdr. Syahrul Yasin Limpo, terjadi sebelum periode tersebut. Dan itupun beramai-ramai di tempat terbuka,” kata Firli dalam keterangan resminya, Senin (9/10).

Maka dalam waktu tersebut, kata Firli, SYL bukan tersangka, terdakwa, terpidana ataupun pihak yang berperkara di KPK.

“Kejadian tersebut pun, bukan atas inisiasi atau undangan saya. Hal ini sebagaimana kami jelaskan sebelumnya pada 5 Oktober 2023 lalu, bahwa tuduhan-tuduhan tersebut tidaklah benar,” ujarnya.

Firli menilai beredarnya fotonya dengan SYL sangat dimungkinkan sebagai serangan para koruptor pada dirinya dan kepada KPK.

“Untuk itu kami  berharap masyarakat tidak tergiring opini-opini yang tidak sesuai fakta dan dapat mengaburkan pokok perkara yang sedang KPK tangani, yaitu dugaan tindak pidana korupsi di Kementerian Pertanian berupa pemerasan dalam jabatan, gratifikasi dan TPPU,” jelas Firli.

165