Home Regional Waduh, Avanza Angkut Rokok Haram Kecemplung Sungai

Waduh, Avanza Angkut Rokok Haram Kecemplung Sungai

Kudus, Gatra.com - Bea Cukai Kudus kembali menggagalkan peredaran rokok ilegal di wilayah hukumnya. Rokok haram senilai Rp309.884.600 berhasil disita, setelah aksi kejar-kejaran dan mobil Avanza pengangkut kecemplung sungai di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Jumat malam (6/10).

Kepala Kantor Bea Cukai Kudus, Moch Arif Setijo Noegroho mengatakan, rokok ilegal tersebut diperkirakan berpotensi merugikan negara sebesar Rp212.387.003.

"Barang bukti rokok dan mobil yang terperosok ke sungai sudah dievakuasi dengan bantuan bersama Polsek Sukolilo, Polresta Pati, dan masyarakat sekitar. Kami akan lakukan proses pendalaman lebih lanjut," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Gatra, Senin (9/10).

Moch Arif menjelaskan, kejadian tersebut bermula ketika Tim Macan Kumbang Muria Bea Cukai Kudus mendapatkan informasi pergerakan sebuah Toyota Avanza Silver Metalik yang diduga mengangkut rokok ilegal.

Penyisiran yang dilakukan di sepanjang Jalan Raya Kudus - Pati itupun membuahkan hasil. Mobil dimaksud kedapatan melintas di Jalan Lingkar Timur Kudus pada pukul 22.45 WIB.

"Pengejaran pun dilakukan dan mobil itu kita coba dihentikan. Namun sopir mengelak sehingga dilakukan hot pursuit (pengejaran seketika)," terangnya.

Sampainya di Jalan Babalan - Prawoto, Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati, mobil tersebut menabrak tiang lampu jalan hingga masuk dan terbalik di dalam sungai.

"Dari hasil pemeriksaan ditemukan rokok jenis SKM tanpa dilekati pita cukai sebanyak 246.920 batang berbagai merek, seperti Dalill Bold Fine Cut Filter (putih), Ys Pro Mild, Classy Bold, Classy Mild, C@ppuccino Stick Twenty, Esje Bold, dan Sam Liok Kioe," bebernya.

Moch Arif berharap kejadian seperti ini tidak lagi terulang. Terlebih Kantor Bea Cukai Kudus siap membantu masyarakat yang ingin mengajukan perizinan produksi rokok.

"Kita semua berharap tidak ada lagi masyarakat yang membuat dan mengedarkan rokok ilegal. Kalau ingin memproduksi rokok secara resmi, perizinan dapat ditanyakan dan diurus di Bea Cukai Kudus secara gratis," jelasnya.

30