Home Internasional Amnesty Internasional sebut Israel Pakai Bom Fosfor Putih di Gaza

Amnesty Internasional sebut Israel Pakai Bom Fosfor Putih di Gaza

London, Gatra.com – Amnesty Internasional mengatakan Crisis Evidence Lab miliknya telah memverifikasi bahwa unit militer Israel yang menyerang Gaza dilengkapi dengan peluru artileri fosfor putih.

“Kami sedang menyelidiki kemungkinan penggunaan fosfor putih di Gaza, termasuk dalam serangan di dekat sebuah hotel di pantai di Kota Gaza,” katanya dalam sebuah pernyataan, dikutip Wafa, Palestina, Sabtu (14/10).

“Fosfor putih adalah zat pembakar yang banyak digunakan untuk membuat tabir asap tebal atau menandai sasaran. Ia terbakar pada suhu yang sangat tinggi bila terkena udara dan dapat terus terbakar di dalam daging. Penyakit ini menyebabkan rasa sakit yang luar biasa dan cedera yang mengubah hidup, dan tidak dapat dipadamkan dengan air. Inilah sebabnya mengapa fosfor putih tidak boleh digunakan di wilayah sipil,” katanya.

Amnesty mengatakan mereka terus menyelidiki kasus-kasus yang sangat memprihatinkan ini. ,”Mereka mendesak Israel untuk selalu menghormati Hukum Humaniter Internasional. Warga sipil harus dihindarkan,” katanya.

Baca Juga: Serangan Militer Israel: 1.949 Warga Palestina Tewas, 6.500 Lainnya Terluka

Pada hari Kamis, Human Rights Watch menuduh Israel menggunakan amunisi fosfor putih dalam operasi militernya di Gaza dan Lebanon, dan mengatakan bahwa penggunaan senjata tersebut menempatkan warga sipil pada risiko cedera serius dan jangka panjang.

“Tuduhan yang dibuat saat ini terhadap IDF (Pasukan Pertahanan Israel) mengenai penggunaan fosfor putih di Gaza benar-benar salah,” kata militer Israel membantah pernyataan tersebut dikutip Reuters Jumat (13/10)

“IDF belum mengerahkan penggunaan amunisi tersebut,” tambahnya. Belum jelas apakah pernyataan terakhir juga berlaku di Lebanon.

198