Home Regional Labuhanbatu: 523 Personel akan Amankan Pemilu 2024

Labuhanbatu: 523 Personel akan Amankan Pemilu 2024

Labuhanbatu, Gatra.com - Sebanyak 523 personel dari berbagai satuan siap mengamankan pelaksanaan Pemilu tahun 2024 di Kabupaten Labuhanbatu dan Labuhanbatu Utara (Labura), Sumatera Utara.

Hal itu disampaikan Kapolres Labuhanbatu AKBP James Hutajulu saat mengelar apel gelar dan kesiapan pasukan operasi Mantap Brata Toba 2023-2024, dalam rangka pengamanan Pemilu tahun 2024 di Lapangan Ikabina Rantauprapat, Selasa (17/10).

Kapolres Labuhanbatu menjelaskan, pelaksanaan operasi Mantap Brata akan dimulai pada tanggal 19 Oktober 2023 hingga 20 Oktober 2024 mendatang.

Kesiapan personel, ujarnya, dalam kaitan untuk mengantisipasi dan melakukan pengamanan terhadap tahapan-tahapan pemilu yang akan dilaksanakan dari tahap kampanye, minggu tenang, pemungutan dan penghitungan suara hingga pelantikan.

Baca Juga: KPU Labuhanbatu Catat 5.564 Pemilih Belum Memiliki KTP

James menyebut Polres Labuhanbatu sendiri menyiagakan 523 personel yang juga akan dibantu dari prajurit TNI dari Kodim 0209 Labuhanbatu dan Kompi Senapan C 136/Kala Cakti serta Pemkab Labuhanbatu dan Labura.

James mengakui, berdasarkan indeks kerawanan pemilu, Kabupaten Labura termasuk dalam kategori kabupaten rawan. Namun pihak Kepolisian akan memastikan penyelenggaraan pemilu yang aman dan lancar dengan melakukan pengamanan yang optimal.

"Polres Labuhanbatu mengimbau kepada masyarakat agar turut berpartisipasi aktif dalam pesta demokrasi terbesar dengan menghindari black campaign dan berita hoaks, sehingga persatuan dan kesatuan bangsa tetap terjalin," ujar James.

Baca Juga: Pemilu 2024, Polres Gelar Diskusi, Sispamkota hingga Cek Randis

Sebelumnya Polres Labuhanbatu juga telah melaksanakan diskusi dengan penyelengara pemilu dan pelatihan Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) di dua kantor KPUD.

55