Home Politik Relawan Jokowi Terus Beralih Dukung Prabowo untuk Pilpres 2024

Relawan Jokowi Terus Beralih Dukung Prabowo untuk Pilpres 2024

Jakarta, Gatra.com - Elektabilitas bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto terus menguat menjelang Pilpres 2024. Menguatnya elektabilitas tersebut, diyakini karena Prabowo telah meraih banyak dukungan organ relawan Jokowi, termasuk Relawan Pro Jokowi (Projo).

Hal itu disampaikan peneliti Polling Institute, Kennedy Muslim. Ia membeberkan, adanya dukungan yang kuat dari Presiden Jokowi beserta organ relawannya terbukti mendongkrak elektabilitas Prabowo. Di survei terbaru Polling Institute periode 1-3 Oktober 2023, Prabowo berada di peringkat pertama.

Di dalam survei tersebut Prabowo berhasil mengantongi dukungan sebesar 36,5 persen. Diikuti perolehan dukungan untuk Capres PDIP Ganjar Pranowo 31,2 persen dan Capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan 18,7 persen.

"Tingginya elektabilitas Prabowo tidak terlepas dari faktor endorsement dukungan Presiden Jokowi yang belakangan sinyalnya semakin kuat mengarah ke Prabowo, jika dilihat dari berbagai indikasi arah dukungan kelompok organ relawan Jokowi," kata Kennedy dalam keternagannya, Rabu (18/10).

Tak hanya itu, Kennedy mengakui saat ini pendekatan yang dilakukan Prabowo kepada masyarakat luas sangat berbeda dengan Pilpres 2019 silam. Menurutnya, hal itu yang membuat Prabowo saat ini terus mendapatkan limpahan dukungan dari berbagai elemen masyarakat, termasuk Projo.

Oleh karena itu, banyaknya limpahan dukungan kepada Prabowo akhir-akhir ini memang memiliki dampak positif terhadap tingkat elektabilitasnya. Kennedy menerangkan, peluang Prabowo untuk lolos ke putaran kedua dan memenangkan Pilpres 2024 sangat besar.

"Perubahan citra dan pesan kampanye Prabowo yang lebih simpatik mengedepankan narasi persatuan sebagai kandidat jalan tengah juga merupakan salah satu faktor yang membantu Prabowo secara elektoral di kompetisi Pilpres kali ini," pungkasnya.

Dukungan untuk Prabowo belakangan ini memang terus menguat. Terbaru, Prabowo mendapatkan limpahan dukungan dari Relawan Pro Jokowi (Projo).

Ketua Umum Projo, Budi Arie Setiadi mengungkapkan relawan Projo yang ada di Indonesia sudah sepakat memberi dukungan kepada Prabowo. Ia menegaskan sudah menyerap semua aspirasi Projo yang ada di berbagai wilayah yg ada di Tanah Air.

"Dari pandangan teman-teman seluruh Indonesia Projo yang saya serap adalah sepakat untuk mendukung Pak Prabowo," kata Budi Arie Setiadi.

157