Home Politik Gibran Temui Puan Pamitan untuk Maju Pilpres 2024

Gibran Temui Puan Pamitan untuk Maju Pilpres 2024

Jakarta, Gatra.com –‎ Gibran Rakabuming Raka mengaku sudah bertemu dengan Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Puan Maharani. Gibran bertemu dengan Puan karena ingin berpamitan untuk maju dalam Pilpres 2024.

“Tadikan saya sudah jawab, saya sudah ketemu Mba Puan ya,” ujar Gibran di acara "Deklarasi Indonesia Memanggil Gibran" di Tugu Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu malam (21/10).

Gibran menyatakan siap mendapatkan sanksi dari partai yang mengusungnya dalam pemilihan Wali Kota Solo. “Siap yah, makasih ya, besok lagi,” tutur Gibran.

Sementara itu, Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani membenarkan bahwa putra sulung Joko Widodo (Jokowi) itu telah berpamitan untuk mengikuti kontestasi Pilpres 2024.

"Semalam sudah ketemu sama Gibran, yang mana Gibran menyampaikan ada kemungkinan akan ikut kompetisi dan kontestasi Pilpres. Tapi bagaimana-bagaimana kita tunggu selanjutnya," kata Puan dalam keterangan pada Sabtu, (21/10).

Meski telah berpamitan, Puan menyebut PDI Perjuangan masih akan tetap menunggu dan mengkaji sikap politik Wali Kota Solo itu. Pihaknya menyadari bahwa rekomendasi dari Gerindra dan Golkar hari ini cukup menggugah hasrat Gibran untuk maju sebagai bakal cawapres.

Meski demikian, Puan mengaku pihaknya masih tenang karena baru dua partai yang merekomendasikan Gibran menjadi pasangan Prabowo.

"Saya ketahui bahwa Mas Gibran baru menerima rekomendasi Partai Golkar bisa maju sebagai cawapres namun belum ada keputusan," ujar Puan.

Sebelumnya, Partai Golkar secara resmi mengusulkan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres) Prabowo Subianto, melalui rapat pimpinan nasional (rapimnas) Partai Golkar.

Ketum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, mengungkapkan, pengusulan tersebut berdasarkan pertimbangan mengedepankan kepentingan bangsa dan negara.

"Stelah mencermati dan saksama dengan pertimbangan mengedepankan kepentingan lebih besar untuk bangsa dan negara, menjaga stabilitas politik, pertumbuhan ekonomi, pemerataan," kata Airlangga di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Sabtu (21/10).

Gibran juga telah mengunjungi para ketua umum (Ketum) partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM). Adapun KIM terdiri dari Partai Gerindra, Golkar, Demokrat, PAN, PBB, Gelora, dan Garuda.

110