Home Politik Dukung Ganjar Menang, 80 Dalang Wayang Kulit Gelar Pentas

Dukung Ganjar Menang, 80 Dalang Wayang Kulit Gelar Pentas

Karanganyar, Gatra.com - Para seniman campur sari dan dalang wayang kulit menggelar pentas semalam suntuk di alun-alun Karanganyar, Jateng, Jumat (27/10) malam. Pentas seni tradisi yang digelar 80 dalang tersebut bentuk dukungan kemenangan bagi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Ratusan masyarakat Karanganyar dan sekitarnya antusias menyaksikan pagelaran wayang kulit tersebut. Tampak hadir di pagelaran wayang kulit, anggota DPR dari PDIP, Paryono.

Ketua Forum Konunikasi Seniman dan Dalang Indonesia Ki Gondo Wartoyo mengatakan pagelaran wayang kulit ini digelar sebagai bentuk dukungan dari seniman dan dalang untuk pasangan bakal capres dan cawapres yang diusung PDIP, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Pagelaran wayang kulit digelar di tanah kelahiran Ganjar Pranowo ini sekaligus menyambut Hari Ulang Tahun Ganjar tepat diusia 55 tahun pada Sabtu (28/10).

"Hari Ulang tahun Mas Ganjar ini bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda sehingga pagelaran ini menjadi rangkaian kegiatan menyambut sumpah pemuda," kata dia ketika dijumpai di sela pagelaran wayang kulit.

Dia mengatakan ada 80 dalang yang terlibat dalam pagelaran wayang kulit malam tersebut. Para dalang secara bergantian memainkan wayang dengan lakon wahyu keprabon. Yang menggambarkan tokoh pewayangan gatotkaca dimana masa kecilnya digembleng di kawah candra dimuka yang akhirnya dewasa menjadi raja pringgondani. Seluruh dalang terlibat dari memainkan wayang hingga penabuh gamelannya juga dalang.

"Tokoh gatotkaca ini juga menggambarkan sosok mas Ganjar Pranowo. Di hari hari ulang tahunnya ini kami berharap semoga mas Ganjar sukses dan selalu panjang umur dan bisa menjadi Presiden. Amin," kata dia.

Dia mengatakan dukungan seniman dan dalang diberikan penuh kepada Ganjar Pranowo karena sudah menggerakkan seni budaya di Jawa Tengah saat menjabat sebagai Gubernur Jateng. Seni dan budaya Jawa ini akan terus diuri-uri jika Ganjar terpilih sebagai Presiden. Para seniman dan dalang akan mengenalkan pasangan capres dan cawapres, Ganjar Pranowo-Mahfud MD keliling Indonesia melalui pagelaran wayang.

Anggota DPR Paryono mewakili Ganjar Pranowo mengucapkan rasa terima kasih atas dukungan yang diberikan para seniman dan dalang tersebut. Paryono mengatakan Ganjar Pranowo yang kini berusia 55 tahun lahir di Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Ganjar lahir pada 28 Oktober yang bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda.

"Patut berbangga bahwa Karanganyar akan menelurkan pemimpin nasional sebagai calon Presiden Republik Indonesia, Ganjar Pranowo. Maka dari itu saya mengajak warga masyarakat Karanganyar, apapun latar belakang saudara, suku ras, agama, partai politik, tetapi presidennya tetap Ganjar Pranowo," kata Paryono.

120