Home Politik Makan Siang Jokowi & 3 Capres, Anies Sampaikan Pesan Rakyat pada Jokowi Soal Netralitas

Makan Siang Jokowi & 3 Capres, Anies Sampaikan Pesan Rakyat pada Jokowi Soal Netralitas

Jakarta, Gatra.com - Presiden RI Joko Widodo menggelar acara makan siang bersama tiga calon presiden (capres) yang akan berkompetisi dalam Pemilihan Presiden 2024 mendatang. Ketiganya ialah capres usungan Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto, capres usungan PDI Perjuangan Ganjar Pranowo, dan capres usungan Koalisi Perubahan Anies Baswedan.

Dalam kesempatan itu, Anies mengaku telah menyampaikan pesan dari masyarakat yang ditemuinya di sejumlah daerah di Tanah Air. Adapun, pesan tersebut berkaitan dengan netralitas jelang Pemilihan Umum 2024 nanti.

"Kami tadi sampaikan kepada beliau bahwa kami sering bertemu dengan banyak orang-orang yang sayang pada Pak Presiden, dan mereka-mereka yang sayang ini menitipkan pesan untuk Bapak Presiden bisa menjaga netralitas dan menegaskan kepada seluruh aparat untuk menjaga netralitas di dalam Pilpres, Pemilu," kata Anies dalam konferensi pers usai makan siang, di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, pada Senin (30/10).

Anies menyebut, Jokowi menyambut baik pesan masyarakat itu. Jokowi pun berkata ia memang akan mengumpulkan sederet pejabat negara, baik di tingkat pusat maupun daerah, hingga anggota TNI-Polri jelang kontestasi politik lima tahunan itu. Hal itu guna mendorong aparat negara untuk bersikap netral dalam menghadapi pesta demokrasi tersebut.

"Kami melihat, itu adalah pesan penting yang bisa membuat pilpres kita besok berjalan dengan aman, damai, karena seluruh unsur penyelenggara menunjukkan sikap yang netral, yang profesional,"

Di samping itu, Anies juga mengatakan bahwa Presiden Jokowi bersama ketiga capres banyak berdiskusi mengenai berbagai isu selama perjamuan. Namun, menurutnya, mereka hanya membicarakan topik-topik santai dalam kesempatan tersebut.

"Tadi kita ngobrol santai, banyak hal yang dibahas, banyak hal yang didiskusikan, tapi semuanya sifatnya ringan-ringan. Tidak ada sesuatu yang berat," ucap Anies.

121