Home Ekonomi Laba Bersih Astragraphia Tumbuh 93 Persen di Kuartal Tiga 2023

Laba Bersih Astragraphia Tumbuh 93 Persen di Kuartal Tiga 2023

Jakarta, Gatra.com - PT Astra Graphia Tbk (Astragraphia) membukukan pendapatan bersih konsolidasi sampai dengan kuartal tiga sebesar Rp2.078 miliar, naik 2% dibandingkan periode yang sama di tahun 2022. Sampai dengan 30 September 2023, Astragraphia mencatat laba bersih konsolidasi sebesar Rp124 miliar, bertumbuh 93% dibandingkan periode sembilan bulan 2022.

Fokus kepada fundamental bisnis dan melakukan operational excellence turut berkontribusi terhadap peningkatan laba bersih Astragraphia. Presiden Direktur PT Astra Graphia Tbk, Hendrix Pramana mengatakan, peningkatan laba bersih dikontribusikan dari meningkatnya laba kotor sebesar 13% di unit usaha Solusi Dokumen hasil dari meningkatnya volume penjualan mesin pada sektor graphic art dan sektor perkantoran.

Pada unit usaha Solusi Teknologi Informasi juga mengalami kenaikan pendapatan sebesar 10% yang berasal dari pertumbuhan bisnis di area IT Trading dan IT Services. “Perusahaan terus berupaya menjalankan operational excellence dan digitalisasi di dalam setiap proses di seluruh lini bisnis dan mencari peluang-peluang baru untuk membangun pertumbuhan bisnis,” kata Hendrix.

Sejalan dengan komitmen Astragraphia untuk terus berinovasi dalam menciptakan nilai tambah bagi pelanggan. Astragraphia senantiasa mewujudkan aspirasi keberlanjutan dengan memberikan dukungan bagi industri kreatif melalui sinergi dengan praktisi dan pemerintah. Wujud dukungan Astragraphia untuk pertumbuhan komunitas kreatif dilakukan melalui kolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Astragraphia turut berperan serta pada event pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2023 yang diikuti oleh 316 UKM di 16 kabupaten/kota seluruh Indonesia dengan memberikan pelatihan, konsultasi desain, dan fasilitas cetak kemasan kreatif. Astragraphia turut menanamkan semangat kolaborasi berkelanjutan untuk dapat memberikan dampak yang lebih luas bagi sektor industri kreatif di Indonesia.

Rangkaian acara AKI 2023 ini ditutup dengan Festival Pekan Puncak AKI 2023 di Senayan Park Jakarta yang menghadirkan 16 finalis UKM dari 16 kota/kabupaten yang menjadi perwakilan untuk menampilkan produk-produk mereka.

Dengan berakhirnya rangkaian acara AKI 2023, Astragraphia telah mewujudkan tanggung jawab sosial perusahaan di pilar kewirausahaan, sejalan dengan budaya perusahaan Valuable to The Nation and Life, serta mendukung program pembangunan nasional Sustainable Development Goals (SDGs) 8 tentang Decent Work and Economic Growth.

75