Home Hukum Polri Gelar Apel Kasatwil, Amankan Pemilu 2024

Polri Gelar Apel Kasatwil, Amankan Pemilu 2024

Jakarta, Gatra.com - Kepolisian Republik Indonesia menggelar apel Kepala Satuan Wilayah (Kasatwil) 2023. Kegiatan itu dilakukan sebagai persiapan Polri untuk mengawal pelaksanaan Pemilu 2024.

Apel Kasatwil 2023 dilaksanakan dengan Tema 'Penguatan Kepemimpinan Polri yang Presisi guna mengamankan Tahapan Pemilu dan Agenda Nasional 2024 dalam rangka mewujudkan Indonesia Maju'.

"Hari ini Polri melaksanakan apel Kasatwil yang diikuti seluruh pejabat utama, kapolda, para kapolres seluruh wilayah, untuk mempersiapkan personel Polri baik yang di pusat maupun yang di daerah, untuk bisa mengawal dan melaksanakan tahapan pemilu yang sudah berjalan, betul-betul bisa berjalan dengan baik," ujar Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Ritz-Carlton Mega Kuningan, Jakarta, Rabu (1/11).

Apel Kasatwil ini diikuti oleh 569 orang peserta yang terdiri dari 27 orang pejabat utama Mabes Polri, 34 orang kapolda dan 508 orang kapolres. Sigit mengatakan bahwa pengamanan harus dilakukan karena saat ini sudah memasuki tahapan pemilu. Selain itu, kata dia, Polri juga harus mengawal program-program dalam agenda nasional.

"Di sisi lain, selain tahapan pemilu kita juga tetap harus melaksanakan program-program yang sudah jadi agenda nasional. Mengawal program-program pembangunan yang harus tuntas di 2023 dan 2024," sebutnya.

Selain itu, Sigit juga berbicara sejumlah tantangan global yang berdampak pada situasi di Indonesia. Dia menyebut Polri harus siap menghadapi tantangan tersebut.

"Dihadapkan pada eskalasi tantangan global, dan ini berdampak pada kondisi situasi kamtibmas di dalam negeri, yang tentunya Polri harus siap, baik dalam menghadapi tahapan pemilu yang ada, menghadapi tantangan global yang berimplikasi terhadap meningkatnya kejahatan tertentu," sebutnya.

22