Home Regional Sehari Jelang Lengser, Bupati Karanganyar Mutasi Sejumlah Pejabat

Sehari Jelang Lengser, Bupati Karanganyar Mutasi Sejumlah Pejabat

Karanganyar, Gatra.com – Berselang sehari berakhirnya masa jabatan Bupati Karanganyar, Jateng, Juliyatmono masih menyempatkan waktu memutasi dan menggeser personel pejabat ke sejumlah posisi strategis.

Total terdapat 27 pejabat eselon II hingga IV dimutasi. Mereka menghadap Juliyatmono di ruang Podang I Kantor Setda Karanganyar, Kamis (2/11) pagi.

Ada tiga pejabat eselon II dimutasi di antaranya Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Yopi Eko Jatiwibowo menjadi Asisten Pemerintahan menggantikan pejabat sebelumnya Rusmanto.

Kemudian Rusmanto menjadi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) menggantikan pejabat lama Agam Bintoro. Sedangkan Agam Bintoro menjabat sebagai Kepala Disdikbud.

Bupati Juliyatmono mengatakan mutasi merupakan hal biasa di lingkungan pemerintahan. Ia bahkan menepis mutasi tersebut ada muatan kepentingan politis sebelum lengser.

"Proses telah berlangsung sesuai ketentuan yang ada. Terima kasih," katanya dalam sambutannya.

Juliyatmono meminta pejabat di lantik untuk segera menyesuaikan di tempat yang baru dengan penuh tanggung jawab. Dalam pengambilan keputusan ini tidak ada unsur sentimen atau kepentingan apapun.

"Jangan berprasangka buruk. Yang dipindah dan mutasi ini tak ada unsur sentimen. Ayo selalu berpikir positif," katanya.

Bupati meminta kepada pejabat yang baru dilantik segera menyesuaikan diri di lokasi yang baru.

“Mutasi adalah hal yang biasa. Keputusan untuk melakukan rotasi dan mutasi ini tidak berdasarkan sentimen pribadi. Saya mohon maaf jika keputusan yang saya ambil, ada yang tidak berkenan,”ujarnya.

Diberitakan, Juliyatmono mundur dari jabatan Bupati Karanganyar lebih awal dari akhir masa jabatan 15 Desember 2023. Syarat mundur lebih awal ini harus dipenuhinya sebelum DCT peserta Pemilu legislatif 2024 diumumkan KPU.

Sementara itu dalam kesempatan mutasi pejabat, Wakil Bupati Karanganyar Rober Christanto tak menghadirinya. Ia akan menggantikan posisi yang ditinggalkan Juliyatmono hingga 15 Desember 2023.

403