Home Olahraga Alasan Defisit Anggaran, Pemprov Riau Tak Terlibat Lagi Tour de Siak 2023

Alasan Defisit Anggaran, Pemprov Riau Tak Terlibat Lagi Tour de Siak 2023

Siak, Gatra.com - Balap sepeda bertaraf internasional, Tour de Siak 2023 kembali menjadi milik Pemerintah Daerah Kabupaten Siak.

Pemprov Riau tidak terlibat lagi dalam penyelenggaraan even Tour de Siak tahun ini. Hanya sekali Pemprov ikut terlibat dalam ajang balap sepeda tersebut.

“Tahun ini kembali ke pangkuan kita, sebagai penyelenggara tunggal. Infonya Pemprov Riau defisit anggaran,” kata Kepala Dinas Pariwisata Siak, Tekad Perbatas Setia Dewa, Kamis (2/11).

Ia menjelaskan, saat ini pihaknya sedang melakukan berbagai persiapan untuk even tersebut. Pelaksanaan balap sepeda Tour de Siak dijadwalkan 1-4 Desember 2023.

“Balap sepeda Tour de Siak tahun ini tiga etape dengan lintasan yang masih diperbincangkan. Dalam rencananya, lintasan di dalam Kota Siak Sri Indrapura, Siak-Dayun dan Siak-Sungai Apit,” kata Tekad.

Pelaksanaan even balap sepeda Tour de Siak tahun ini masih bertaraf internasional. Selain mengundang pabalap-pebalap dalam negeri, juga mengundang pembalap luar negeri.

Sedikitnya ada 8 negara yang diundang, yaitu Malaysia, Brunei, Singapore, Philippines, Thailand, Vietnam, Korea dan Chinese Taipei. Peserta balap sepeda ini akan didatangkan PB ISSI.

“Dari rapat koordinasi kita dengan PB ISSI sebanyak 8 negara berada dalam list undangannya,” kata dia.

Tidak hanya itu, gelaran balap sepeda Tour de Siak tahun ini diharapkan mampu menggerakkan perekonomian masyarakat. Rangkaian kegiatan dimulai dengan berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat, seperti sepeda santai, bazar UMKM dan malam pembukaan dengan mendatangkan artis ibukota.

“Benar kita mendatangkan artis pada malam pembukaan namun belum final siapa artisnya,” katanya.

Tekad menjelaskan, balap sepeda Tour de Siak pertama kali dilaksanakan pada 2013. Setelah itu dilaksanakan setiap tahun, yaitu 2014, 2015, 2016, 2017, 2018 dan 2019. Pada 2020 dan 2021 terjadi pandemi Covid 19 sehingga kegiatan tidak diadakan.

“Pada 2022 tahun lalu penyelenggaraan diadakan bersama Pemprov Riau, Siak hanya kebagian satu etape saja, yaitu etape Siak City Race. Kegiatan sepenuhnya diselenggarakan oleh Pemprov Riau,” katanya.
 

281