Home Ekonomi Inkud Kolaborasi BUMN Distribusikan Pupuk Bersubsidi dan Keperluan Pertanian

Inkud Kolaborasi BUMN Distribusikan Pupuk Bersubsidi dan Keperluan Pertanian

Jakarta, Gatra.com – Direktur Utama (Dirut) Induk Koperasi Unit Desa (Inkud), Portasius Nggedi, mengatakan, pihaknya bersinergi dan kolaborasi dengan induk holding BUMN PT Pupuk Indonesia dalam menyalurkan pupuk bersudsidi dan berbagai keperluan pertanian lainnya.

“Inkud menciptakan sinergi, kolaborasi dengan induk holding BUMN PT Pupuk Indonesia dalam bidang penyaluran pupuk bersubsudi,” katanya di Jakarta, Jumat (3/11).

Lebih jauh Portasius dalam acara Acara Rapat Anggota Tahunan (RAT) Inkud tahun 2023? tersebut menyampaikan, pihaknya juga berkolaborasi dalam penyaluran logistik, agro industri, serta peternakan dan perikanan.

“Ini guna mendukung pertumbuhan ekonomi di perdesaan melalui peningkatan produksi hasil pertanian dari anggota Inkud dan juga masyarakat umum,” ujarnya.

Dalam RAT ini, Inkud melakukan temu bisnis dengan pihak PT Pupuk Indonesia serta PT IdFood. Portasius menyampaikan, temu bisnis ini penting dilakukan bersama perwakilan Koperasi Unit Desa (KUD) seluruh provinsi untuk menguatkan kembali peran Inkud ke depan.

“Salah satu ciri demokrasi Pancasila, adalah memberikan kesempatan distribusi sarana produksi pertanian kepada koperasi seperti Inkud yang sudah memiliki aset gudang dan manajemen untuk bisa memastikan keadilan terdistribusi ke perdesaan,” ujarnya.

Ia menjelaskan, Inkud adalah koperasi yang membawahi sekitar 9 ribuan KUD yang tersebar di seluruh Indonesia. Adapun anggota KUD diperkirakan mencapai belasan juta orang. Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto merupakan ketua Dewan Pembina Induk KUD (Inkud).

92