Home Gaya Hidup Kembangkan Edukasi Situs Manusia Purba, Kemendikbudristek Gelar SangiRun 2023

Kembangkan Edukasi Situs Manusia Purba, Kemendikbudristek Gelar SangiRun 2023

Sragen, Gatra.com-Lomba lari bertajuk SangiRun 2023 kembali digelar Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) di Situs Manusia Purba Sangiran, Sragen, Jawa Tengah (Jateng).

 

Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka pengembangan dan pemanfaatan situs cagar budaya Sangiran ini bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen, Pemkab Karanganyar, BUMN, swasta dan masyarakat sekitar. Kegiatan SangirRun 2023 dibuka langsung oleh Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek, Hilmar Farid, Jumat (3/11).

 

Hilmar mengatakan kegiatan untuk ketiga kalinya ini selain memperkenalkan situs Sangiran kepada masyarakat luas, juga merupakan upaya penguatan ekosistem alam dan budaya di sekitar situs Sangiran.

 

Melalui kegiatan ini, lanjut Hilmar diharapkan masyarakat dapat lebih mengenal, mengapresiasi, melestarikan situs Sangiran sebagai sebuah warisan dunia, hingga akhirnya mampu mengangkat kesejahteraan masyarakat sekitarnya. Masyarakat sekitar Sangiran lebih terlibat dan turut serta dalam kegiatan-kegiatan yang menjadi rangkaian SangiRUN 2023.

 

“Memasuki tahun ketiga pelaksanaan, kami ingin masyarakat Sangiran ikut menjadi bagian dalam penguatan ekosistem alam dan budaya Sangiran,” ucap Hilmar, dalam rilis yang diterima Sabtu, (3/11).

 

Puncak SangiRUN Night Trail 2023 akan berlangsung pada tanggal 4 hingga 5 November 2023. Rangkaian kegiatan diawali dengan turunnya para kurator mendampingi 25 desa di kawasan Situs Manusia Purba Sangiran, untuk membuat rancangan karnaval yang mengangkat pesan atau isu  terkait kebudayaan atau ikon desa masing-masing, dikemas dengan seni instalasi dan pesan-pesan budaya, sehingga pawai akan sangat menarik dipersembahkan untuk masyarakat sekitarnya. 

 

Diadakan pula Lokakarya kuliner dan kurasi keragaman kuliner yang dilaksanakan dengan tagar #Kuliner Sangiran Naik Kelas. Tujuannya untuk mengangkat kuliner tradisional masyarakat Sangiran lebih di kenal di nasional dan mancanegara.

 

Bagian penting dari SangiRun Night Trail 2023 adalah lomba lari. Ada dua kategori lari yang dilaksanakan, yaitu lari 25K pada tanggal 4 November yang diikuti oleh pelari profesional. Kemudian lari Fun Run 5K tanggal 5 November yang diikuti oleh masyarakat umum. Ini adalah perpaduan olah raga dan seni, karena para pelari khususnya 25K yang dilaksanakan pada malam hari akan berlari di bawah instalasi cahaya dan ikon-ikon hasil crafting berbagai figur-figur yang menarik dan seru, terutama sebagai instragamable spot yang menarik.

 

Sedangkan Fun Run dimulai pukul 17.00 WIB. Masyarakat akan berlari bersama Bupati Sragen dan Forkopimda, pimpinan OPD Kabupaten Sragen serta tamu undangan yang datang dari Jakarta, Solo dan Yogyakarta.

 

“Selama dua hari kegiatan, masyarakat akan dihibur dengan penampilan artis lokal dan artis ibukota seperti Nela Karisma, Dara Ayu ft. Bajol Ndanu Entertainment, dan Dory Harsa yang menyuguhkan pertunjukan musik kontemporer. Pameran UMKM, dan sajian 108 jenis makanan tradisional Sangiran pun dapat dicicipi oleh para pengunjung secara gratis,” ujar Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan, Ditjen  Kebudayaan, Kemendikbudristek, Irini Dewi Wanti.

 

Karnaval digelar pada pukul 16.00 WIB dimulai dari titik Kridanggo, Karang Turi, Kali Jambe dan berakhir di Terminal Sangiran. Seremonial pemberia n hadiah juara untuk SangiRUN Night Trail 25K dan 5K dilaksanakan pada 5 November 2023. Selain pembagian hadiah, tersedia hadiah atau doorprize berupa sepeda motor, sepeda, dan handphone dengan total puluhan juta rupiah.

 

 

213