Home Olahraga Edisi Perdana, Kejuaran Basket Pemuda 3x3 Piala Menpora Sukses Dihelat di Surabaya

Edisi Perdana, Kejuaran Basket Pemuda 3x3 Piala Menpora Sukses Dihelat di Surabaya

Surabaya, Gatra.com - Kejuaraan basket bertema 1st Urban Youth 3x3 Piala Menpora 2023 sukses digelar di Gelanggang Olahraga dan Remaja (GOR) CLS Kertajaya, Surabaya, pada 3-5 November 2023.

Kegiatan Urban Youth 3x3 ini diinisiasi oleh komunitas muda lintas organisasi seperti Jeans Festivall, HIPMI Surabaya. Kegiatan ini didukung oleh Kemenpora dan Komite Olahraga Nasional (KONI) Jawa Timur. Selain itu, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Airlangga turut memberikan dukungannya.

Wakil Ketua Umum KONI Jawa Timur sekaligus Ketua Kadin Kota Surabaya, Ali Afandi Mattalitti menekankan akan pentingnya regenerasi untuk atlet berprestasi.

"Atlet-atlet berprestasi seluruh cabang olahraga, yang di-support penuh oleh pemerintah dan dibina langsung oleh masing-masing daerah agar terwujudnya Indonesia emas kelak,” ujarnya dalam keterangan yang diterima pada Senin (6/11).

Mendampingi Tenaga Ahli Kemenpora Luhur Dewanthono, Ali Afandi menuturkan bahwa melalui kegiatan ini pemerintah berharap dapat menemukan bibit olahragawan potensial.

"Olahragawan muda yang selanjutnya dapat diproyeksikan menjadi atlet olimpiade di masa yang akan datang," katanya.

Dari kegiatan ini banyak didapati atlet-atlet muda yang tidak pernah terlihat di berbagai kompetisi sebelumnya, namun memiliki kemampuan teknik bermain bola basket yang sangat baik.

"Semoga kegiatan seperti ini lebih banyak lagi dilakukan di daerah-daerah lain sehingga dapat memunculkan atlet-atlet potensial lainnya dari daerah lain," ujarnya.

Sementara Ketua Pelaksana 1st Urban Youth 3x3 Piala Menpora 2023, Muhammad Irfan Hanif mengatakan bahwa acara ini bertujuan agar Surabaya menjadi contoh pengembangan anak usia muda dalam berprestasi dan dapat diikuti oleh daerah lain.

"Pemerintah tidak bisa sendiri jika tidak dibantu oleh Koni atau induk cabang olahraga tersebut," kata Hanif.

Di samping itu, jelas Hanif, acara ini turut digelar dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda. Di mana untuk mengisi kegiatan para pemuda dengan kegiatan positif seperti olahraga.

94