Home Politik Laskar Santri AMIN Menjaga Integritas Pemilu 2024

Laskar Santri AMIN Menjaga Integritas Pemilu 2024

Surabaya, Gatra.com - Ratusan kyai dan santri mendeklarasikan lahirnya Laskar Santri AMIN di kawasan Ampel, Surabaya, pada 10 November 2023. Deklarasi Laskar Santri AMIN Indonesia ini dihadiri oleh lebih dari 300 kyai dan bu nyai dari seluruh Indonesia, antara lain KH Nasirul Mahasin (Gus Mahasin) Rembang, KH Zamzami Mahrus, Lirboyo, KH Abdus Salam Shohib (Gus Salam) Denanyar, Jombang, Gus Fahim, Ploso, Kediri, Gus Mustafid, Mlangi, Jogja, Ibu Nyai Juwariyah Fawaid, Sukerojo, Gus Maksum Faqih, Langitan, Gus Said Abdurahim, Sarang, Rembang, Bu Nyai Saidah Marzuki Mustamar, Gus Ahfas Baidlowi, Lasem, KH Kholil Nawawi, Sidogiri, KH Samli, Annuqoyah, Sumenep, KH Mas Yusuf Muhajir, Sidoresmo, dan Lora Dimyathi, Bangkalan, dan Gus Ahmad Suaidi, Makbul, Malang.

"Kita tahu bahwa 10 November 1945 itu adalah perwujudan dari resolusi jihad yang digelorakan oleh Hadlratusyaikh Hasyim Asy'ari sehingga santri dan kyai ikut perang melawan penjajahan, sekarang kami melihat bahwa penting sekali bagi santri untuk menjaga nilai-nilai demokrasi dalam mengawal pemilu 2024. Kami menyebut ini Resolusi Jihad Jilid II," kata Komandan Laskar Santri AMIN, Gus Muhammad Nurkhoiron.

Di tengah ancaman krisis demokrasi menjelang Pemilihan Umum 2024 belakangan ini, santri memiliki kewajiban untuk menjaga keberlangsungan prosesnya agar sesuai dengan prinsip jujur dan adil. Dalam sejarah bangsa, santri tidak hanya mewarisi nilai-nilai Islam yang menekankan kejujuran, keadilan, dan integritas, tetapi juga telah diberdayakan untuk berperan aktif dalam menjaga proses demokrasi.

"Kalau Resolusi Jihad I itu mempertahankan kemerdekaan untuk mencapai negara kita merdeka, sekarang dalam Resolusi Jihad II kita menjaga agar negeri ini sesuai dengan amanah konstitusi, yaitu menjaga demokrasi," kata Gus Khoiron.

Koordinator pengarah Deklarasi Laskar Santri AMIN, KH. Abdus Salam Shohib, mengatakan, salah satu bentuk kontribusi santri adalah melalui pengawasan pemilu independen. Sebagai pengawas pemilu, mereka memastikan bahwa pemilihan berjalan sesuai dengan aturan dan prinsip-prinsip keadilan.

"Peran santri dalam pemilu adalah refleksi dari nilai-nilai Islam, yang menekankan pentingnya kejujuran, keadilan, dan integritas. Kami mengajak semua pihak untuk mendukung peran santri dalam menjaga Pemilu 2024 yang bersih dan adil," kata Gus Salam.

Selain itu, KH. Abdus Salam Shohib menegaskan bahwa santri juga berperan dalam memberikan pendidikan politik kepada masyarakat. Dengan pemahaman mendalam tentang proses pemilu, hak pilih, dan pentingnya suara rakyat, mereka membantu meningkatkan kesadaran pemilih. Dalam konteks ini, mereka mendukung partisipasi aktif dalam pemilu, khususnya di kalangan pemilih muda, menjembatani kesenjangan pengetahuan dan memotivasi generasi muda untuk turut serta dalam demokrasi.

Gus Khoiron menambahkan, seorang santri tidak hanya terbatas pada pengawasan dan pendidikan pemilih, melainkan juga melibatkan upaya meredakan ketegangan politik. Dalam situasi yang sering kali penuh perselisihan dan ketegangan, santri mempromosikan pesan damai dan persatuan. Mereka menjadikan nilai-nilai keislaman sebagai landasan untuk membangun dialog yang menghormati perbedaan pandangan, menciptakan lingkungan politik yang harmonis di tengah keragaman.

“Kami juga mengimbau semua pihak untuk bekerja sama dengan santri dan lembaga-lembaga pendidikan Islam dalam mendukung proses pemilu yang jujur dan adil. Semua pihak, termasuk peserta pemilu, penyelenggara, dan masyarakat, harus bekerja sama untuk menciptakan proses pemilu yang memenuhi standar etika dan moral yang tinggi,” ujarnya.

Dalam deklarasi juga dibacakan Ikrar Laskar Santri AMIN Indonesia yang dibacakan oleh KH Misan Basyari, Madiun, Lora Dimyathi, Bangkalan, KH Najib Hamid, Nurul Jadid, Paiton, KH Mas Uwais al-Qorni, Sidogiri, KH Tanwirul Mubarak, Lirboyo, KH Syamli, Annuqoyah, Sumenep. Laskar Santri AMIN akan turun di semua TPS se-Indonesia dan memastikan bahwa semua proses pemilu benar-benar berjalan dengan baik. 

155