Home Ekonomi BAZNAS Gelar Rakornas Lembaga Amil Zakat Seluruh Indonesia 2023

BAZNAS Gelar Rakornas Lembaga Amil Zakat Seluruh Indonesia 2023

Jakarta, Gatra.com - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Lembaga Amil Zakat (LAZ) di Jakarta, pada 15-16 November 2023. 

Rakornas LAZ ini bertujuan sebagai ajang sosialisasi tata hubungan antara Kementerian Agama RI, BAZNAS, dan LAZ; sosialisasi tata kelola LAZ dan kebijakan zakat nasional; serta sebagai silaturahmi dan sharing session antara BAZNAS dan LAZ. 

Ketua BAZNAS RI, Noor Achmad menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh LAZ, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota yang bersama-sama dan berkolaborasi dengan BAZNAS mewujudkan kesejahteraan umat di sepanjang tahun 2023. 

Menurut Kiai Noor, dalam rangka optimalisasi dan harmonisasi organisasi pengelola zakat di tingkat provinsi, dan kabupaten/kota, penting bagi BAZNAS dan LAZ untuk bergerak dalam satu visi, satu tujuan dan satu barisan untuk mewujudkan visi sebagai lembaga utama menyejahterakan umat.

"Berkenaan dengan penyatuan visi dan tujuan inilah, kita semua berkumpul di sini untuk menyejahterakan umat, dalam agenda Rapat Koordinasi Lembaga Amil Zakat tahun 2023," ujar Noor.

Dalam dua tahun terakhir, BAZNAS RI terus mendorong penguatan BAZNAS di tingkat provinsi, kabupaten, dan kota, melalui empat penguatan dan menekankan prinsip 3A, yakni Aman Syar'i, Aman Regulasi, dan Aman NKRI.

Empat penguatan bertujuan untuk mengefektifkan pengelolaan zakat di Indonesia, yakni penguatan kelembagaan, penguatan SDM, penguatan infrastruktur, dan penguatan jaringan. Hal inilah yang terus didorong BAZNAS, termasuk di tingkat LAZNAS.

Melalui acara ini, BAZNAS berharap dapat terjalin hubungan yang semakin dinamis dan positif, antara BAZNAS dan LAZ, agar pengelolaan zakat, infak, dan sedekah dapat semakin optimal.

"Saya berharap, dalam Rakornas LAZ kali ini, BAZNAS dan LAZ dalam menjalin sinergi dan kolaborasi dalam menyongsong tahun 2024," ujarnya.

"Dengan demikian, BAZNAS dan LAZ dapat terus menjaga kepercayaan publik dan meneguhkan diri sebagai lembaga utama menyejahterakan umat," tambahnya.

82