Home Regional Bamus Betawi Resmi Lantik Jajaran Kepengurusan Periode 2023-2028

Bamus Betawi Resmi Lantik Jajaran Kepengurusan Periode 2023-2028

Jakarta, Gatra.com - Dewan Pengurus Pusat Badan Musyawarah (Bamus) Betawi menggelar pelantikan Pengurus Pusat Bamus Betawi periode 2023-2028 di Ruang Sidang Paripurna, Gedung Nusantara V MPR/DPD RI, Sabtu (18/11).

Ketua Umum Bamus Betawi, Muhammad Rifky yang dikenal dengan panggilan Eki Pitung dalam pidatonya mengucapkan syukur atas bersatunya kembali Bamus Betawi.

"Alhamdulillah hari ini kami telah sah melantik seluruh jajaran pengurus Bamus Betawi. Saya bersyukur bahwa Bamus Betawi sudah kembali satu. Mari kita sama-sama berjuang untuk memajukan Bamus Betawi sebagai wadah untuk melestarikan kebudayaan Betawi," ujar Eki Pitung, Sabtu (18/11).

Perjalanan Bamus Betawi telah memasuki usia 42 tahun, lanjut Eki, namun baru kali ini pemerintah memberikan penghargaan kepada Bamus Betawi. Dalam hal ini DPD RI yang telah meminjamkan fasilitas ruangan kepada Bamus Betawi untuk melakukan pelantikan.

Eki menilai, DPD RI yang diketuai oleh AA. LaNyalla Mahmud Mattalitti telah konsisten dalam menyuarakan agar Indonesia kembali pada UUD 1945 naskah asli seperti yang diinginkan oleh founding father.

Pada kesempatan yang sama, Eki Pitung itu juga melontarkan terima kasih kepada instansi kepolisian dan pemerintah daerah Jakarta.

"Saya ingin berterima kasih pada Polda Metro Jaya (PMJ) yang telah sabar mengawal kegiatan Bamus Betawi, khususnya waktu mengadakan Mubes ke VIII beberapa bulan lalu," ujarnya.

"Dan untuk Pemda DKI Jakarta yang telah banyak memberikan kontribusi pada Bamus Betawi dengan mengeluarkan Peraturan Daerah (Perda) No. 4 tahun 2015 tentang Pelestarian Kebudayaan Betawi merupakan bukti kepedulian pemerintah daerah demi memajukan masyarakat Betawi," tambahnya.

Eki Pitung mengajak agar seluruh stack holder dan ormas betawi untuk mendukung rancangan UU 29 tahun 2007 tentang Jakarta tidak menjadi Ibukota.

"Mari semua para ketua ormas dan masyarakat Betawi untuk terus mengawal terbitnya RUU 29 Tahun 2007 yang sedang digodok oleh Baleg DPR RI. Jika peduli terhadap orang Betawi, mari kita jangan saling memukul, tapi harus saling Merangkul," ajaknya.

Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti yang rencananya akan hadir pada acara pelantikan tersebut terpaksa harus diurungkan, karena memiliki agenda kerja di luar kota. Kendiati demikian, LaNyalla tetap memberikan ucapan selamat kepada pengurus Bamus Betawi yang baru melalui video greeting, dirinya berharap agar Bamus Betawi kembali kepada marwahnya.

"Selamat kepada Eki Pitung yang telah dilantik menjadi Ketua Umum Bamus Betawi periode 2023-2028 dan seluruh jajarannya. Saya berharap dengan kepemimpinan ditangan Eki Pitung, Bamus Betawi dapat kembali kepada marwahnya dalam mempertahankan dan melestarikan Kebudayaan Betawi sesuai amanah dari para pendiri, serta dapat membawa Bamus Betawi lebih maju lagi," ujarnya.

Eki turut menyatakan akan terus mendukung DPD RI dalam memperjuangkan UUD 45 kembali pada naskah asli, dan juga program MPR RI terkait kota 4 pilar.

"Pada kesempatan ini, kami Bamus Betawi juga mendukung penuh Ketua DPD RI yang memperjuangkan agar UUD 45 kembali ke naskah asli. Dan juga dukungan yang sama kami berikan kepada Ketua MPR RI terkait program unggulan kota 4 pilar, khususnya Jakarta pasca tidak menjadi ibukota," tegas Eki Pitung.

119