Home Ekonomi Kementerian PUPR Sebut Sejumlah Ruas Tol Siap Beroperasi Fungsional Saat Nataru 2024

Kementerian PUPR Sebut Sejumlah Ruas Tol Siap Beroperasi Fungsional Saat Nataru 2024

Jakarta, Gatra.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan, ada beberapa jalan tol yang siap dioperasikan fungsional untuk mendukung kelancaran lalu lintas di musim libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024 mendatang.

Menurut Basuki, selama tahun 2023 ini, panjang jalan tol di Indonesia bertambah sepanjang 410 km. Lebih rinci, sepanjang 218 km telah tercatat sudah dioperasikan secara penuh.

“Yang sisanya 192 km akan dioperasikan secara fungsional saat nataru 2023/2024 nanti,” kata Basuki dalam Raker bersama Komisi V DPR RI, Selasa (21/11).

Adapun, beberapa ruas jalan tol yang akan beroperasi secara fungsional selama nataru di Pulau Jawa adalah Jalan Tol Jakarta - Cikampek (Japek) II Selatan seksi 3 Sadang - Kutanegara. Lalu ada tol Solo - Yogyakarta - Bandara YIA segmen Kartasura - Karanganom.

“Nataru ini Insya Allah sampai ke Karanganom sepanjang 13 km,” kata Basuki.

Kemudian untuk di Pulau Sumatera, beberapa ruas tol yang difungsionalkam adalah tol Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat yang panjangnya mencapai 71 km. Lalu, tol Bangkinang - Tanjung Alai, sepanjang 25 km dan jalan tol Binjai - Langsa seksi Kuala Bingai - Tanjungpura sepanjang 19 km.

Dalam kesempatan itu, Basuki juga mengatakan bahwa, dalam rangka menyambut musim libur nataru selain mengoperasikan tol secara fungsional, akan ada pelebaran jalan tol atau penambahan satu ruas A dan B di Ruas Tol Cikampek - Palimanan. Nantinya, pelebaran tersebut ditargetkan akan dapat selesai pada H-10 libur nataru 2023/2024.

 

67