Home Apa Siapa Once Mekel, Kampanye Politik Sehat, Politik Jalan Kebudayaan

Once Mekel, Kampanye Politik Sehat, Politik Jalan Kebudayaan

Jakarta, Gatra.com – Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) dan elemen bangsa baru-baru ini mendeklarasikan ruang politik sehat untuk pemilu 2024. Pertemuan tersebut diinisiasi oleh Ketua Umum ILUNI UI Didit Ratam untuk mendorong terciptanya ruang politik yang mengedepankan asas keadilan dan kebebasan berpendapat dalam rangka meningkatkan kualitas demokrasi di Indonesia.

Melalui gerakan tersebut, ILUNI UI mengundang Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), timses dari ketiga pasangan capres, ILUNI Fakultas/Wilayah/Chapter, jejaring Alumni UI lintas partai politik, dan organisasi nonpartisan yang memiliki perhatian pada demokrasi dan kepemimpinan.

Ruang Politik Sehat yang digagas ILUNI UI menitikberatkan pada upaya-upaya bersama untuk meningkatkan literasi politik yang mencerdaskan bangsa, yang melindungi keselamatan seluruh bangsa, dan dapat diupayakan oleh siapa saja. Dalam deklarasi, terdapat lima poin dalam menciptakan ruang politik sehat.

Pertama, menjunjung tinggi nilai universalitas dan hak asasi manusia yang melindungi keselamatan segenap bangsa Indonesia. Kedua, mengedepankan asas keadilan dan kebebasan berpendapat untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan bernegara yang maju dengan mengutamakan persatuan. Ketiga, mendukung pemanfaatan kemajuan teknologi untuk meningkatkan kualitas demokrasi di Indonesia.

Keempat, menolak upaya pelemahan demokrasi berupa; intervensi hukum, segala bentuk kecurangan dan praktik politik uang, intimidasi terhadap seluruh elemen masyarakat termasuk pers. Terakhir, membangun seluas-luasnya inklusifitas dan partisipasi masyarakat sebagai pemegang kedaulatan tertinggi untuk memperkuat demokrasi di Indonesia.

Deklarasi Ruang Politik Sehat ILUNI UI bersama Elemen Bangsa dihadiri perwakilan KPU dan Bawaslu, perwakilan dari timses Anies-Cak Imin, timses Prabowo-Gibran, dan timses Ganjar-Mahfud MD. Selain itu hadir juga para alumni UI dari berbagai partai politik seperti: Herzaky Mahendra Putra dari Partai Demokrat, Faldo Maldini dari PSI, serta para public figure yang juga bakal calon anggota legislatif Once Mekel. Tak ketinggalan perwakilan organisasi nonpartisan yang juga tokoh masyarakat seperti Sabrang “Noe” dari Pemimpintar dan Habib Ja’far.

Musisi Once Mekel yang tergabung dalam ILUNI UI menyatakan dukungannya terhadap terselenggaranya acara Deklarasi Ruang Politik Sehat ILUNI UI bersama Elemen Bangsa baru-baru ini. “Saya sangat mendukung acara ini. Untuk penyelenggaraan pilpres yan jujur, adil, tertib, akuntabel dan transparan serta menjunjung nilai moral dan etika,” kata Once yang Alumni Fakultas Hukum UI (FH UI) ini.

Once menyebut, gagasan Ruang Politik Sehat perlu “dibumikan” di tengah masyarakat yang merawat demokrasi. “Kita rakyat indonesia harus mempertahankan nilai-nilai yang baik dalam setiap proses politik. Karena politik tanpa penerapan asas-asas kepatutan, moral dan etika, hanyalah menjadi cara untuk mendapatkan kekuasaan,” tutur caleg PDI Perjuangan dengan Dapil Jakarta Pusat, Jakarta Selatan dan Luar Negeri ini.

Sebagai penyanyi dan musisi senior Indonesia, Once menyebut, politik sebagai jalan perjuangan bagi setiap orang termasuk insan musisi dan budaya. “Saya mendukung setiap usaha untuk mengedepankan politik sebagai jalan kebudayaan,” pungkas Once.

143