Home Ekonomi SDG Dorong UMKM Tembus Pasar Internasional

SDG Dorong UMKM Tembus Pasar Internasional

Jakarta, Gatra.com – Koordinator Wilayah (Korwil) Santri Dukung Ganjar (SDG) Jabodebeka, Farhan Ikhsan, mengatakan, pihaknya terus berupaya mendorong pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mampu menembus pasar internasional.

Farhan dalam keterangan pada Kamis (23/11), menyampaikan, pihaknya melakukan sejumlah program untuk mendorong para pelaku UMKM bisa go internasional, di antaranya memberikan pelatihan mengoperasikan aplikasi digital marketplace untuk menunjang penjualan di dunia maya.

Ia mengungkapkan, pelatihan kewirausahaan digital untuk jemaah Majelis Taklim Rahdatul Jumuati yang sebagiannya berwirausaha di Jalan H. Mansyur, Kelurahan Pondok Kopi, Duren Sawit, Jakarta Timur (Jaktim).

SGD yang merupakan loyalis capres Ganjar, lanjut Farhan, pihaknya mengundang pemateri untuk memberikan pelatihan cara mengoperasikan aplikasi digital marketplace di dunia maya serta teknik-teknik penjualan di media sosial seperti WhatsApp dan Instagram agar produk mereka laku terjual.

“Peserta bisa menggunakan aplikasi digital marketplace dan cara bagaimana mengoperasikan aplikasi penjualan digital itu untuk menjualnya kepada masyarakat luas,” ujarnya.

Ia menyampaikan, dengan menguasai pemasaran digital maka potensi produk UMKM untuk go international makin terbuka lebar. SDG mengharapkan pelatihan ini bisa membuka peluang usaha baru lewat lokapasar atau toko online bagi pelaku UMKM untuk meningkatkan ekonomi Indonesia.

“Harapannya, mudah-mudahan dengan pelatihan ini, ibu-ibu di sini membuka peluang wirausaha dan memajukan ekonomi Indonesia,” ujarnya.

Muhammad Fahrul Adly sebagai pemateri dan salah satu penggiat digital marketing, menyampaikan, UMKM harus beradaptasi dengan perkembangan zaman.

“Saya memberikan materi terkait digitalisasi UMKM karena saat ini kita hidup di era digital,” katanya.

Ia mengharapkan, dengan menguasai pemesaran digital, UMKM dapat bersaing menembus pasar nasional hingga internasional. “Harapan saya, para UMKM dapat bersaing di dunia digital,” katanya.

Sementara itu, Ade Irma, peserta pelatihan, bersyukur mendapatkan pengetahuan baru lewat pelatihan tersebut.? “Alhamdulillah sudah bisa membuka toko online. Buat jual snack makanan ringan. Cara membuat nama toko, cara unggah produk dagangannya.”

Pedagang bakso goreng itu berharap lokapasar yang dibuatnya lewat pelatihan ini bisa mengangkat perekonomian keluarganya. “Semoga saja tokonya ramai agar bisa membantu perekonomian keluarga,” katanya.

Perempuan berusia 30 tahun tersebut juga mendoakan agar Ganjar Pranowo terpilih sebagai presiden Indonesia periode 2024-2029 agar dapat membawa UMKM lebih maju dan go international.

“Pak Ganjar semoga menjadi presiden pada 2024 dan membawa Indonesia lebih maju dan makmur. Semoga UMKM lebih maju dan go international,” ujarnya.

28