Home Regional Antisipasi Caleg Gagal, RSUD Pati Sediakan Puluhan Tempat Tidur Pasien Gangguan Jiwa

Antisipasi Caleg Gagal, RSUD Pati Sediakan Puluhan Tempat Tidur Pasien Gangguan Jiwa

Pati, Gatra.com - RSUD RAA Soewondo Kabupaten Pati, Jawa Tengah, menyiapkan bangsal khusus bagi calon legislatif (Caleg) gagal yang terserang gangguan psikis, jelang Pemilu 2024. Tidak hanya itu, psikolog dan psikiater juga disiapkan untuk memberikan konsultasi dan treatment.

Plt Direktur RSUD RAA Soewondo Pati, Hartotok mengaku, meningkatkan fasilitas kesehatan pelayanan bagi pasien gangguan jiwa. Secara kumulatif sebanyak 33 kamar tidur disiapkan untuk menampung pasien.

"Kami menyiapkan tempat untuk antisipasi jika ada caleg yang gagal dan perlu perawatan. Kami sudah punya 16 tempat tidur di ruang Sakura. Akan tetapi kalau kurang, kami masih ada ruang isolasi dengan 17 tempat tidur," ujarnya di kantor, Selasa (28/11).

Hartotok menyebutkan, sektor pelayanan, perawatan, keamanan, serta tenaga medis (nakes) yang kompeten juga ditambah menjelang pesta demokrasi. Dengan begitu saat dibutuhkan, rumah sakit telah siap.

"(Ruang) Sakura ini memang merawat pasien ODGJ. Perawatan dan keamanannya bagus. Mudah-mudahan di Pati tidak sampai ada (caleg) yang sampai perawatan. Kalau di kami, sudah ada Psikiater dua dan satu psikolog. Insyaallah kita siap. Rawat jalan kita juga siap untuk konsultasi psikologi," bebernya.

Ditambahkan, saat ini sebanyak sembilan pasien dengan gangguan kejiwaan sedang menjalani perawatan. Mayoritas adalah pasien pria, sementara dua diantaranya perempuan.

65