Home Sumbagteng Tour de Siak 2023 Tanpa Pebalap Lokal

Tour de Siak 2023 Tanpa Pebalap Lokal

Siak, Gatra.com - Balap sepeda Tour de Siak bakal digelar kembali pada 1-4 Desember 2023 di Kabupaten Siak, Provinsi Riau. Hanya saja, pebalap lokal tidak ikut pada even sport tourism kesembilan ini.

"Enggak ada. Baik dari Siak maupun Provinsi Riau," kata Kepala Dinas Pariwisata Siak, Tekad Perbatas Setia Dewa kepada Gatra.com, tadi siang. 

Lelaki 47 tahun ini kemudian merinci, ada 13 tim yang akan meramaikan Tour de Siak tahun ini. Tujuh tim berasal dari luar negeri; Brunai Darussalam, Singapura, Thailand, Vietnam, Filipina, Malaysia dan Korea Selatan. 

Sisanya dari dalam negeri; Tim PT. Bumi Siak Pusako (BSP). BSP adalah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Riau yang bergerak di tambang minyak bumi. 

Tapi BSP tidak memakai jasa atlet Siak maupun Riau, tapi jasa pebalap luar negeri. "Mungkin dari Iran atau Korea. Mereka tahan bayar mahal, bisa jadi BSP sambil promosi," terang Tekad.

Secara keseluruhan kata Tekad, pelaksanaan Tour de Siak tahun ini sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Rute saja yang berbeda. Tahun lalu rute sampai ke Kota Pekanbaru.

Tahun ini, Tour de Siak akan menempuh jarak 416,5 kilometer, tapi di Kabupaten Siak saja. Jarak sejauh itu dibagi dalam tiga Etape; etape 1 Siak-Dayun-Mempura-Koto Gasib-Siak sejauh 127 kilometer. 

Etape kedua; Siak-Dayun-Koto Gasib-Perawang-Siak sejauh 170 kilometer dan etape ketiga; Siak City Race sejauh 119,5 kilometer. 

"Dana yang dipakai untuk even ini masih sama,  bersumber dari APBD Siak sebesar Rp2,3 miliar," ujarnya. 

Meski even ini digandrungi banyak orang dari luar negeri, Tekad mengaku sampai sekarang masih sulit melobi duit dari pusat untuk membiayai pelaksanaan Tour de Siak itu. Beda dengan Tour de Singkarak di Sumatera Barat yang justru dibantu pemerintah pusat.

"Agak sulit melobi APBN. Kalaupun dibantu, paling untuk promosi di televisi atau di media online," katanya.

Berikut nama-nama tim yang bakal balapan di Tour de Siak 2023. Mereka diundang langsung oleh PB Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI); 

1. Go For Gold Cycling Team (Philipina). Klasifikasi continental.
2. Singapore National Team (Singapura). Klasifikasi nasional.
3. Grant Thoton Cycling Team (Thailand). Klasifikasi klub.
4. Malaysia Pro Cycling (Malaysia). Klasifikasi continental.
5. Vietnam National Team (Vietnam). Klasifikasi nasional.
6. KSPO Cucling Team (Korea). Klasifikasi continental.
7. Roojai Mix Team (Indonesia-Perancis). Klasifikasi klub.
8. Anak Brunei Cycling Team (Brunai Darussalam). Klasifikasi klub.
9. PWR mix team (Indonesia -Iran). Klasifikasi klub.
10. BSP Siak Mix Team (Indonesia-Australia). Klasifikasi klub.
11. Mula Cycling Team (Indonesia). Klasifikasi continental.
12. Nusantara Cycling Team (Indonesia). Klasifikasi continental.
13. KGB Cycling Team (Indonesia). Klasifikasi continental.



 

2493