Home Regional Alasan Ajang Balap Sepeda Tour de Siak hingga Malaka Belum Terealisasi

Alasan Ajang Balap Sepeda Tour de Siak hingga Malaka Belum Terealisasi

Siak, Gatra.com - Memperluas rute balap sepeda Tour de Siak hingga ke Malaka, Malaysia, sepertinya hanya sebatas rencana. Even sport tourism ini tetap digelar di jalanan Kabupaten Siak, Riau.

Sebelumnya Pemprov Riau sempat menggembar-gemborkan rute etape balap sepeda yang digelar pertama kali pada tahun 2013 lalu, itu akan melintasi beberapa kabupaten/kota di Riau. Rencana ini pun sudah dipublikasikan ke sejumlah media.

Namun buktinya, Tour de Siak kembali ke pangkuan Pemkab Siak. Boro-boro ke Malaka, Pemprov Riau saja hanya sekali menjadi pelaksana pada 2022.

Kepala Dinas Pariwisata Siak, Tekad Perbatas Setia Dewa tidak menampaik adanya rencana tersebut. Bahkan kata Tekat rencana itu mulai digaungkan pada 2019 lalu.

"Ke saya juga pernah disampaikan Pak Bupati soal itu. Pada 2019 Pak Bupati juga sudah komunikasi dengan pihak Kerajaan Malaka. Pihak kerajaan mendukung rencana tersebut. Tapi waktu itu kan Covid-19, jadi penjejakan lebih lanjut tidak diteruskan," kata Tekat kepada Gatra.com, Rabu (29/11).

Tadinya, lanjut Tekat, Bupati Siak berencana rute balap Tour de Siak hingga ke Malaka melewati wilayah Kabupaten Bengkalis atau Kota Dumai. Namun kedua daerah ini enggan lantaran nama acaranya Tour de Siak.

"Pak bupati berharap, kabupaten dan kota itu juga ikut, tapi tak jadi. Kendalanya karena mereka minta ubah nama even. Tak ada nama Siak-nya. Ini juga jadi kendala rute balap sampai ke Malaka," kata lelaki 47 tahun ini.

Kendati rute Malaka batal, Tekad mengklaim acara Tour de Siak sudah terkenal hingga ke luar negeri.

"Tour de Siak sudah banyak yang tahu. Apalagi sekarang tidak banyak lagi ajang balap sepeda di Indonesia. Tahun ini saja Tour de Singkarak tak digelar, kalau kita kan tetap. Hanya terhenti saat musibah Covid-19 saja," katanya.

Untuk diketahui, Tour de Siak kembali digelar pada 1-4 Desember 2023 di Kabupaten Siak. Sebanyak 13 tim ikut pada even ini. 6 tim dari dalam negeri dan 7 dari luar ialah Brunai Darussalam, Singapura, Thailand, Vietnam, Filipina, Malaysia dan Korea Selatan.

Sementara jarak tempuhnya 416,5 km dengan tiga Etape yakni Etape 1 rutenya Siak, Dayun, Mempura, Koto Gasib, Siak sejauh 127 Km, Etape 2 rutenya Siak, Dayun, Koto Gasib, Perawang-Siak sejauh 170 Km, dan etape 3 Siak City Raca sejauh 119,5 Km.

62