Home Kesehatan Inilah Risiko Penyakit Kronis Paru-Paru yang Dipicu oleh Polusi Jakarta

Inilah Risiko Penyakit Kronis Paru-Paru yang Dipicu oleh Polusi Jakarta

Jakarta, Gatra.com - Tingginya pencemaran udara yang ada di kota-kota besar salah satunya Jakarta menjadi permasalahan baru yang sangat meresahkan masyarakat.

Pencemaran udara yang tinggi, tentu akan berdampak buruk pada kesehatan dan aktivitas lainnya.

Terlebih didukung dengan panasnya sinar matahari setiap harinya yang semakin memperkeruh keadaan. Kondisi ini banyak membawa kekhawatiran yang serius. Pasalnya, jika sudah terpapar, maka sulit untuk menyembuhkannya.

Untuk itu, Anda perlu mengenali risiko dan cara agar bisa terhindar dari penyakit akibat polusi udara. untuk lebih jelasnya akan dipaparkan pada artikel ini. simak sampai tuntas ya!

Risiko Akibat Tingginya Polusi Udara

Rendahnya kualitas udara yang terhirup oleh hidung tentu akan membawa banyak risiko terhadap kesehatan. Utamanya pada saluran pernapasan. Lalu apa saja risikonya? Yuk simak penjelasan berikut ini:

1. ISPA Atau Infeksi Saluran Pernafasan

ISPA, sudah menjadi penyakit yang tidak asing lagi. lantaran, buruknya kualitas udara memicu meningkatnya keluhan terhadap penyakit ISPA. Umumnya, penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri di dalam tubuh yang ditularkan melalui udara. seperti halnya karbon monoksida, partikulat, nitrogen dioksida, hingga sulfur dioksida.

2. ASMA

Asma atau dikenal dengan sesak nafas sering kali terjadi akibat kualitas udara yang kurang mendukung atau rendah oksigen. Gejala yang ditimbulkan asma diantaranya sakit dada, sulit bernafas, hingga batuk-batuk.

3. Bronkitis

Gangguan pernapasan ini terbilang sudah akut sehingga perlu penanganan khusus oleh dokter ahli. Bronkitis ini terjadi akibat udara yang dihirup tidak berkualitas atau banyak mengandung zat-zat berbahaya yang tidak bisa disaring oleh bulu hidung.

4. Penyakit Jantung Dan Stroke

Jangan salah, tidak hanya mengganggu saluran pernafasan juga dapat memicu terjadinya penyakit jantung dan stroke. Pasalnya, jika udara yang dihirup tidak sehat maka dapat mempersempit pembuluh darah dan kaku.

Tips Agar Terhindar Dari Penyakit

Setelah mengetahui risiko penyakit yang ditimbulkan dari tingginya tingkat pencemaran udara. anda tentu harus berhati-hati agar tidak terjangkit. untuk menciptakan udara bersih di rumah, ada tips lain yang dapat Anda gunakan, yaitu sebagai berikut:

1. Memakai Masker

Cara paling umum yang sering dilakukan yaitu memakai masker ketika keluar dari rumah. dengan memakai masker, Anda akan terhindar dari kotornya udara di luar rumah. pasalnya, masker dapat menyaring kotoran dari udara, meskipun tidak semua. setidaknya, polusi yang masuk ke dalam tubuh bisa berkurang.

2. Hindari Beraktivitas Lama Di Luar Rumah

Tips yang kedua yaitu menghindari beraktivitas padat di luar rumah, terutama di tempat-tempat yang memiliki tingkat pencemaran tinggi. Tentu Anda tidak boleh lengah. Hindari lebih dini daripada mengobati.

Sekarang ini juga sudah banyak pekerjaan yang dikerjakan dari rumah (WFH) hal ini juga menjadi solusi untuk mengurangi tingkat pencemaran udara yang terjadi.

3. Terapkan Pola Hidup Sehat

Untuk mengimbangi udara yang kotor di luaran sana, Anda bisa menerapkan pola hidup sehat agar tubuh tidak mudah terinfeksi oleh kuman dan virus yang ada di luar. Hidup sehat dapat dimulai dari pola makan, rajin berolahraga, hingga tidur yang cukup.

4. Minimalkan Udara Kotor Masuk Ke Rumah

Tidak dapat dipungkiri, di dalam rumah pasti terpasang banyak ventilasi yang dapat membantu sirkulasi udara. untuk menghindari masuknya udara kotor, Anda bisa meminimalkan udara masuk dari ventilasi. Pastikan Anda membukanya ketika udara bersih.

5. Menggunakan Air Purifier

Penggunaan Air Purifier khususnya di kota besar yang berpolusi tinggi sudah menjadi hal wajib. Contohnya Air Purifier Core 600s. Air Purifier dari Levoit ini 99,97% sangat efektif menghilangkan polutan, debu, partikel kecil 0,3 mikron, bakteri dan virus di ruangan seluas 147m2 berkat filtrasi udara 3 tahap HEPA13 Filternya.

Tak hanya itu, Air Purifier Core 600s ini mampu menetralisir asap dan bau tidak sedap di rumah. Levoit Air Purifier merupakan Brand yang sudah terkenal dan best seller di Indonesia maupun mancanegara.

Demikian pembahasan mengenai risiko dan tips agar terhindar dari penyakit di kondisi polusi udara yang semakin meningkat. untuk itu, Anda bisa ciptakan udara bersih yang berkualitas di rumah dengan Levoit Air Purifier Core 600s.

98