Home Politik Anies Bakal Kembalikan Independensi KPK Jika Terpilih Jadi Presiden

Anies Bakal Kembalikan Independensi KPK Jika Terpilih Jadi Presiden

Jakarta, Gatra.com - Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan mengungkapkan bahwa, jika terpilih menjadi presiden di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 akan mengembalikan institusi penegak hukum khususnya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadi sebagai sebuah badan yang kembali independen.

Menurutnya, KPK seharusnya kembali memiliki posisi yang kuat dan diisi orang-orang yang berintegritas. Hal tersebut dengan tujuan agar KPK menjadi barometer dalam pemberantasan korupsi di Indonesia.

“Bila kami bertugas maka siapapun yang terpilih mejadi dewan Komisioner KPK harus mendatangani seluruh kode etik. Bila melanggar kode etik maka mengundurkan diri,” kata Anies dalam acara diskusi bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Jakarta, Jumat (1/12).

Menurutnya, KPK harus menunjukan kepatuhannya terhadap hukum yang disetujui seluruh pihak dalam hal pemberantasan korupsi di Indonesia.

“Ini yang harus dijaga karena kalau tidak wibawa dari upaya pemberantasan korupsi turun dan ini menurunya luar biasa,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Polda Metro Jaya telah menetapkan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri, sebagai tersangka dalam kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo.

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Metro Jaya, Kombes Ade Safri, mengungkapkan bahwa Firli terbukti terlibat dalam kasus dugaan pemerasan atau penerimaan gratifiksi dalam penanganan kasus korupsi di lingkungan Kementerian Pertanian (Kementan).

21