Home Hukum TPNPB OPM Klaim Tembak Mati Lagi Dua Prajurit TNI di Kabupaten Nduga

TPNPB OPM Klaim Tembak Mati Lagi Dua Prajurit TNI di Kabupaten Nduga

Papua, Gatra.com - Pasukan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB), Organisasi Papua Merdeka (OPM) Ndugagama, mengaku telah  menembak mati sebanyak 2 prajurit TNI di Distrik Paro, Nduga, Papua Pegunungan Kamis (30/11). Penembakan itu terjad di Pos TNI di Distrik Paro, Kabupaten Nduga.

Dalam rilisnya kepada Gatra.com, Senin malam ini ( 1/12) Jubir TPNPB OPM, Sebby Sambon menyebutkan, dua anggota TNI yang gugur itu ditembak mati anggota pasukan Kodap III Ndugama Derakma, di bawah pimpinan Brigjen Egianus Kogoya.

“Anggota pasukan kami, TPNPB OPM menembak mati lagi dua anggota TNI di Distrik Paro Kabupaten Nduga. Jadi jangan tuding pihak lain yang  bertanggung jawab terhadap aksi penembakan tersebut ,” kata Sebby Sambom kepada Gatra.com, Kamis malam  (1/12).

Soal gugurnya dua prajurit TNI di Papua ini dibenarkan Kepala Penerangan Kostrad Kolonel (Inf) Hendhi Yustian seraya menyebutkan dua angggota tersebut adalah personel Satgas Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa Komando Cadangan Strategis TNI AD (Kostrad). “Benar, dua prajurit gugur di Papua,” kata Kolonel (Inf) Hendhi Yustian kepada media.

Ia menyebutkan bahwa dua prajurit yang gugur tersebut diserang anggota KKB Papua, yang merupakan organisasi sayap dari TPNPB OPM atau Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka.

Kedua prajurit yang menjadi korban KKB Papua tersebut jelas Kolonel (Inf) Hendhi sudah dievakuasi. Dua prajurit tersebut diserang saat sedang bertugas di Pos TNI Paro di Distrik Paro, Kabupaten Nduga.

Nasib kedua prajurit ini persis sama dengan empat prajurit TNI lainnya yang tewas ditembak saat sedang bertugas di Pos Keamanan Paro, Sabtu 25 November 2023.

Informasi yang diperoleh Gatra.com menyebutkan dua prajurit yang gugur itu berasal dari Pandawa Kostrad, masing-masing berinisial Pratu S dan Prada P.

Gugurnya dua prajurit TNI menyusul 4 rekan mereka yang ditembak pasukan TPNPB OPM di Pos TNI di Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua itu pada Sabtu (25/11) seperti diberitakan Gatra.com sebelumnya.

Saat itu Jubir TPNPB OPM, Sebby Sambom kepada pasukan TPNPB OPM mengklaim telah menembak mati 8 anggota TNI dibawah pimpinan Kolonel Perek Jelas Kogeya. Namun sesuai fakta hanya empat anggota TNI yang gugur.

Mereka adalah Praka Dwi Bekti, Praka Yipsan Lodou, Pratu Miftahul Firdaus, dan Prada Dermawan. Empat jenazah hari ini telah diberangkatkan ke daerah masing-masing.

177

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR