Home Politik Kritik IKN Boros, Anies Diserang Taggar #JisGasakDuitRakyat

Kritik IKN Boros, Anies Diserang Taggar #JisGasakDuitRakyat

Jakarta, Gatra.com - Langkah Calon Presiden dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan yang menggulirkan kritik terhadap Joko Widodo, terkait dengan pembangunan Ibukota Negara (IKN), justru menjadi serangan balik. Tagar #JisGasakDuitRakyat menjadi trending topik di platform sosial media X atau Twitter.

Sebelumnya, Anies mengungkapkan kritiknya terhadap rencana pembangunan IKN. Menurut Anies, rencana pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan tersebut tidak tepat.

Anies mengasumsikan, jika dana IKN itu digunakan untuk membangun Puskesmas, maka seluruh kelurahan yang tidak ada Puskesmas akan jadi memilikinya. Begitu juga jika anggaran itu untuk tentara/polisi maka mereka juga akan menjadi sejahtera.

Isu Anies ini kemudian justru memunculkan wacana baru yang ramai di twitter. Isu itu mengungkit masalah pembangunan JIS, dengan tagar #MulutManisAnies.

"Masak ada yang komentar pembangunan IKN over bajet? Bukannya yang diover-overin itu pembangunan JIS ya?" komentar salah satu netizen dengan nama akun @cimotyy.

Akun dengan nama @revirev21 juga mengeluarkan komentar yang mempertanyakan hasil pembangunan JIS di luar rencana. "Apa kabar ini kok hasilnya di luar rencana," ujarnya.

"Sebenarnya kalau anise mau belajar ke Ahok kalau pembangunan ini itu tuh mendingan lho, engga awur awuran gini," kata @karinakarina77.

Begitu ramainya tanggapan netizen atas isu yang digulirkan Anies Baswedan ini. Hastag #JisGasakDuitRakyat bahkan menjadi trending topic di twitter.

186