Home Olahraga Pebalap Thailand Juara Etape I Tour de Siak 2023

Pebalap Thailand Juara Etape I Tour de Siak 2023

Siak, Gatra.com - Sakchai Phodingam, pebalap sepeda dari Tim Grant Thornton Cycling Thailand, berhasil menjadi pemenang etape I, Siak-Dayun-Mempura-Koto Gasib-Siak Tour de Siak 2023 dengan catatan waktu 2 jam 47 menit 21 detik.

Posisi kedua diraih oleh Maulanan Astnan Al Hayat dari Indonesia-Malaysia Nusantara Cycling Team dengan waktu 2 jam 47 menit 41 detik, dan posisi ketiga Naufal Faris Taufikulhakim dari Indonesia Mula Cycling Team, dengan waktu 2 jam 49 menit 56 detik.

Sakchai Phodingam berhasil menjadi yang pertama setelah bertarung dengan 54 riders pada rute balapan sepanjang 127 Km.

Race Director Tour de Siak 2023, Sandi Sampurno mengatakan, Sakchai Phodingam akan mengenakan yellow jersey (jersi kuning) pada etape II Minggu besok karena mengumpulkan waktu terbaik pada etape I sekitar 3 jam.

Selain itu, lanjut Sandi, pebalap bernomor 42 itu juga akan mendapatkan Time Bonus atau waktu diskon pada etape II karena juara pertama etape I.

"Awalnya semua pebalap bergerombol. Bahkan sampai setengah perlombaan, semua pebalap masih satu rombongan besar. Begitu sampai di simpang KM 11 Koto Gasib, sudah mulai terpecah. Di depan ada sekitar 15 pebalap," kata Sondi saat jumpa pers, Sabtu (2/12).

Menjelang simpang Dayun, lanjut Sondi, rombongan pebalap kembali terpecah menjadi tiga pleton. Terakhir, sebelum Jembatan Siak, tiga pebalap yang naik podium terpisah dari rombongan besar.

"Tampak pada etape I ini semua pebalap berjuang mati-matian. Terutama setelah mengalami hujan deras dua kali, dan tiba-tiba cuaca panas," kata Sandi.

"Tidak semua pebalap bisa menghadapi cuaca panas. Seperti pebalap asal Korea Selatan. Mereka agak berat dengan cuaca panas. Sebab di negara mereka saat ini musim dingin," tambah Sondi.

Kendati begitu, menurut Sondi, cuaca berubah-ubah bukan kendala. Melainkan tantangan balapan.

"Tantangan di Kabupaten Siak memang seperti itu. Begitu juga dengan kodisi jalan yang begelombang, itu bukan kendala, melainkan tantangan. Alhamdulillah, pada etape I ini tidak ada insiden meski jalan licin dan hujan," ujarnya.

218