Home Politik KPU: Debat Pertama Capres Dilaksanakan di Kantor KPU Pusat

KPU: Debat Pertama Capres Dilaksanakan di Kantor KPU Pusat

Jakarta, Gatra.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan, debat pertama calon presiden (capres) akan diadakan di Kantor KPU Jakarta.

“Untuk debat pertama, tanggal 12 Desember 2023 akan dilaksanakan di kantor KPU,” ucap Ketua KPU, Hasyim Asy’ari, dalam konferensi pers di depan Ruang Sidang Utama Gedung KPU, Jakarta, Rabu (6/12).

Hasyim belum menjelaskan lebih detail mengenai susunan acara. Namun, ia mengatakan, alokasi waktu untuk debat adalah 120 menit. KPU pun sudah mengumumkan tema untuk semua agenda debat.

“Debat pertama yang akan menjadi porsinya capres untuk berdebat itu temanya meliputi pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga,” Hasyim mengatakan.

KPU pun telah menetapkan semua pasangan capres-cawapres akan hadir dalam setiap agenda debat. Namun, porsi bicara hanya milik yang diagendakan. Jadi, pada debat capres yang bicara hanya capres. Begitu pun sebaliknya, pada debat cawapres, yang bicara hanya cawapres.

Namun, Hasyim menegaskan, ketika debat capres, cawapres juga akan berdiri mendampingi di atas panggung. Begitu pun sebaliknya. Tapi, teknis selengkapnya masih dimatangkan oleh KPU.

46