Home Internasional Masjid Kuno Hancur Dibombadir Israel di Gaza

Masjid Kuno Hancur Dibombadir Israel di Gaza

Gaza, Gatra.com - Arkeologi kuno Masjid Utsman bin Qashqar di kota tua Kota Gaza dibom oleh pesawat tempur Israel, yang juga menimbulkan korban jiwa dan kerusakan pada rumah-rumah di sekitarnya, pada Kamis (7/12).

Kantor berita Wafa Palestina melaporkan, masjid ini dibangun pada tahun 620 Hijriah (1220 M), dan meskipun ukurannya kecil, namun merupakan salah satu masjid dan situs arkeologi tertua di Jalur Gaza. 

Terletak di lingkungan al-Zaytoun, sebelah timur Kota Gaza, dan berdekatan dengan Masjid Agung Al-Omari, yang juga dihancurkan oleh pesawat tempur pendudukan selama agresi ini.

Baca Juga: Pasukan Israel Membunuh 4 Warga Palestina di Tepi Barat

Sejak dimulainya agresi di Jalur Gaza pada tanggal 7 Oktober, pesawat-pesawat tempur pendudukan telah menghancurkan puluhan situs arkeologi dan rumah-rumah kuno, dalam upaya terang-terangan yang disengaja untuk menargetkan warisan budaya Palestina.

Menurut Kementerian Kebudayaan, pesawat tempur pendudukan mengebom delapan museum, termasuk Museum Rafah, Museum Al-Qarara, dan Museum Khan Yunis, selain menghancurkan sebagian besar Kota Tua Kota Gaza, termasuk puluhan bangunan bersejarah.

Sembilan penerbit dan perpustakaan juga hancur, selain kehancuran total atau sebagian dari sedikitnya 21 pusat kebudayaan. Sebagian besar wilayah kota tua Kota Gaza juga hancur, termasuk 20 bangunan bersejarah, termasuk gereja, masjid, museum, dan situs arkeologi. Tiga studio dan perusahaan produksi media dan seni juga rusak.

93