Home Nasional TikTok Gandeng Artis Sosialisasi Lawan Misinformasi Jelang Pemilu 2024

TikTok Gandeng Artis Sosialisasi Lawan Misinformasi Jelang Pemilu 2024

Jakarta, Gatra.com – Public Policy and Government Relations, TikTok Indonesia, Faris Mufid, menyampaikan, pihaknya meliris video panduan kreatif untuk mengedukasi pengguna dan masyarakat umum tentang cara #SalingJaga dari bahaya misinformasi di platform digital, khususnya jelang Pemilu 2024.

“Kami ingin membantu masyarakat untuk tidak hanya bersiap menghadapi, tapi juga memahami cara melawan misinformasi di ranah digital,” kata Faris di Jakarta, Jumat (15/12).

Ia menjelaskan, pihaknya merilis video panduan untuk mengantisipasi dan melawan misinformasi termasuk hoaks karena keamanan digital merupakan tanggung jawab bersama semua pihak.

Peluncuran video panduan untuk mengedukasi masyarakat dari bahaya misinformasi tersebut merupakan upaya lanjutan TikTok untuk melanjutkan kampanye #SalingJaga untuk melindungi integritas pemilu dan melawan misinformasi.

Video ini, beserta rangkaian inisiatif lainnya, juga bertujuan untuk mengingatkan masyarakat luas agar terus #SalingJaga saat mengekspresikan diri, berbagi sudut pandang, dan menjadi bagian dari percakapan yang lebih luas, khususnya menjelang Pesta Demokrasi 2024.

“Kita bisa #SalingJaga agar terhindar dari konten-konten negatif dan informasi yang keliru,” kata Faris.

TikTok menggandeng figur pubik atau artis dan konten kreator dari berbagai latar belakang profesi dan generasi untuk mengampanyekan video #SalingJaga tersebut, yakni Angga Yunanda, Merry Riana, Sania Leonardo, serta Dims The Meat Guy.

Keempat figur ini akan memberikan edukasi kreatif tentang bagaimana pengguna dapat #SalingJaga di platform digital melalui serangkaian tips melawan misinformasi yang mudah dipahami dan diterapkan oleh masyarakat luas.

Selain itu, video kampanye #SalingJaga juga ingin mengingatkan komunitas dan masyarakat luas agar dapat lebih berhati-hati saat menciptakan, mengonsumsi, maupun membagikan konten di platform digital dan media sosial.

Melalui format video singkat yang kreatif dan menghibur, TikTok berharap pesan ini dapat disampaikan dengan lebih mudah dipahami dan disebarkan ke lebih banyak orang.

Figur publik Merry Riana yang ikut membintangi video ini, mengingatkan pentingnya bagi pengguna untuk bersikap bijak saat berinteraksi di platform digital.

“Kemajuan teknologi membantu semua kalangan, termasuk generasi muda untuk semakin berani menyuarakan pendapatnya,” kata perempuan yang juga entrepreneur, investor, dan content creator itu.

Namun demikian, lanjut Merry Riana, kemudahan ini perlu diiringi dengan rasa tanggung jawab yang besar. Semua harus terus berperan untuk #SalingJaga, misalnya dengan menerapkan kebiasaan cek fakta sebelum membagikan sebuah cuplikan video tanpa tahu keseluruhan konteks dan kebenarannya.

Sistem rekomendasi di laman For You pada TikTok bekerja dengan mempertimbangkan preferensi pengguna, yakni berdasarkan interaksi pengguna tersebut di TikTok (komentar, like, share, dan sebagainya), informasi dalam video, serta pengaturan perangkat dan akun.

Dengan demikian, melalui video #SalingJaga, TikTok kembali mengingatkan bahwa pengguna bisa mengambil kendali atas pengalaman mereka di platform ini, termasuk konten-konten yang mereka konsumsi.

Pengguna bisa memanfaatkan fitur keamanan TikTok untuk mengelola konten yang hadir di laman For You mereka, antara lain memilih 'Tidak Tertarik' (Not Interested), menyaring 'Kata Kunci' (Keyword Filter), melaporkan konten yang terduga mengandung misinformasi lewat fitur 'Laporkan' (Report), hingga menyegarkan kembali laman For You (Refresh Your For You Feed).

Konten video singkat juga tidak luput dari potensi misinformasi dan kreator konten pun juga perlu memainkan perannya untuk berbagi informasi yang kredibel dan tepercaya, apa pun jenis kategori konten yang diusung.

“Sering kali, kita hanya melihat potongan video atau kutipan yang sengaja diunggah supaya mengarah ke konteks tertentu, yang bisa jadi jauh dari kejadian sebenarnya, atau justru narasi dari satu pihak saja,” kata Dimas Ramadhan (Dims The Meat Guy), Kreator TikTok.

Ia mengajak masyarakat, sebelum membagikan suatu konten atau informasi yang dilihat di platform digital, cari tahu dulu kebenarannya supaya bisa #SalingJaga sesama kita dari dampak misinformasi.

Kreator TikTok, Sania Leonardo, menyampaikan, selain bijak berkonten, bijak berkomentar juga merupakan salah satu bentuk terpenting dari #SalingJaga. Perlu ingat bahwa ketika komentar yang ditinggalkan di unggahan orang lain, apabila tidak bisa dibuktikan kebenarannya bisa memiliki pengaruh yang sangat besar.

“Tidak hanya ke kondisi mental orang tersebut, tapi juga aspek kehidupan lainnya seperti karier mereka. Yuk, mulai bijak bermedia sosial dan terus #SalingJaga satu sama lain dari bahaya misinformasi!” katanya.

Psikolog Naomi Ernawati Lestari, M.Psi, mengungkapkan, banyaknya konten yang bermunculan di platform digital tidak jarang dapat membuat kita kewalahan, terlebih jika kondisi mental belum siap untuk mengolah informasi tersebut.

Menurutnya, memahami cara mengolah dan menyaring konten apa saja yang 'aman' untuk dikonsumsi juga dapat menjadi bentuk #SalingJaga kesehatan mental bersama.

“Oleh karena itu, pastikan kondisi mental kita berada dalam keadaan baik sebelum mengolah maupun menyebarkan informasi yang kita terima,” ujar Naomi.

Di bawah kampanye #SalingJaga, TikTok telah meluncurkan serangkaian upaya proaktif untuk menegaskan komitmennya dalam menjaga integritas Pemilu dan melawan penyebaran misinformasi.

Komitmen ini diwujudkan melalui kerja sama dengan Rekata Studio dalam film "Budi Pekerti" untuk mengemukakan pesan #SalingJaga; meluncurkan "Pusat Panduan Pemilu 2024" yang didukung oleh KPU RI dan Bawaslu RI pada laman khusus di platform TikTok; bekerja sama dengan mitra cek fakta independen, yakni AFP, MAFINDO dan Perludem; serta menghadirkan aktivitas di dalam aplikasi seperti tantangan tagar (hashtag challenge) bagi pengguna untuk berbagi cara #SalingJaga versi mereka.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang upaya TikTok #SalingJaga guna menyediakan ruang digital yang aman dan nyaman bagi semua jelang Pemilu 2024, kunjungi Pusat Panduan Pemilu 2024 TikTok Indonesia.

58