Home Ekonomi 26 Juta Produk Lokal Tembus Pasar Dunia di Shopee Sepanjang 2023

26 Juta Produk Lokal Tembus Pasar Dunia di Shopee Sepanjang 2023

Jakarta, Gatra.com - Kinerja perekonomian nasional melalui ekspor meningkat sebesar 6,7% per Oktober 2023, di mana produk lokal turut memberikan kontribusi yang besar di dalamnya. Adapun kontribusi sektor UMKM terhadap nilai ekspor nasional masih berkisar di 15%.

Pemerintah bersama berbagai pihak masih terus berupaya mendorong kontribusi UMKM terhadap nilai ekspor nasional tersebut. Pemerintah menargetkan kontribusi ekspor UMKM bisa naik hingga 17% di tahun 2024 mendatang.

Usaha mengatrol kontribusi UMKM terhadap ekspor nasional tak hanya dilakukan oleh pemerintah. Berbagai pihak, termasuk platform e-commerce juga mengulurkan tangannya untuk membantu UMKM mendapatkan akses ekspor.

Shopee misalnya, melalui Program Ekspor Shopee turut mendorong akselerasi UMKM lokal dalam menjangkau pasar internasional. Di sepanjang tahun 2023, Shopee mendampingi UMKM lokal agar dapat menciptakan peluang untuk memiliki daya saing global.

Di sisi lain, berbagai inovasi terus dihadirkan untuk memberikan pengalaman belanja yang nyaman dan aman bagi para pengguna. Berbagai inisiatif bersama pemerintah dalam menciptakan kerja sama strategis juga tercipta, guna mendukung perkembangan UMKM dan masyarakat Indonesia melalui ekosistem digital.

Program Ekspor Shopee telah membuka jalan bagi lebih dari 26 juta produk lokal untuk bisa diekspor ke berbagai negara di Asia Timur, Asia Tenggara, dan Amerika Latin. Hal ini mencerminkan bahwa produk lokal telah berkembang dan berdaya saing secara global melalui ekosistem digital Shopee.

Kampanye tanggal kembar 10.10 Brands Festival dan 11.11 Big Sale turut menjadi lokomotif pendorong transaksi ekspor UMKM lokal dengan peningkatan sebesar empat kali lipat di kedua kampanye besar ini. Lebih rinci lagi, produk UMKM Fashion dan Home Living menjadi produk UMKM terbanyak yang dibeli pembeli Shopee di luar negeri selama 2023.

Untuk terus meningkatkan eksposur produk lokal dan pelaku UMKM, Shopee menghadirkan laman spesial Shopee Pilih Lokal sejak Agustus 2022 sebagai wadah untuk mengembangkan bisnis usahawan lokal melalui ekosistem digital. Di sepanjang tahun 2023, Shopee Pilih Lokal dikunjungi oleh lebih dari 25 juta pengguna.

Tidak hanya itu, perjalanan UMKM lokal dalam mengembangkan bisnisnya juga ditemani oleh berbagai kampanye pendukung, seperti kampanye 9.9 Super Shopping Day yang telah meningkatkan penjualan produk UMKM hingga 30x lipat dan juga kampanye 12.12 Birthday Sale yang telah mendukung peningkatan transaksi brand lokal dan UMKM sebesar 49 kali lipat.

“Kami sangat senang dapat terus menjadi bagian dalam setiap perjalanan para pelaku UMKM dan pengguna kami untuk menciptakan peluang dan menggapai impian mereka di sepanjang tahun 2023. Ke depannya, Shopee berkomitmen untuk terus berinovasi dalam mengembangkan layanan kami agar dapat terus memberikan yang terbaik bagi para pengguna melalui ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan, sesuai dengan misi #ShopeeAdaUntukUMKM,” kata Direktur Eksekutif Shopee Indonesia, Handhika Jahja di Jakarta, Selasa (19/12).

83