Home Nasional Lemhannas Berikan 88 Rekomendasi Kebijakan ke Presiden Jokowi Selama 2023

Lemhannas Berikan 88 Rekomendasi Kebijakan ke Presiden Jokowi Selama 2023

Jakarta, Gatra.com - Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI), Maman Firmansyah memaparkan capaian Lemhannas dan rekomendasi terkait kondisi nasional saat ini selama tahun 2023 .

“Lemhannas RI telah menghasilkan 108 kajian untuk tahun 2023 atau meningkat 129 persen dibandingkan tahun 2022, yakni 46 kajian,” kata Maman dalam acara Pernyataan Akhir Tahun 2023, di Jakarta pada Kamis (21/12).

Kajian yang dilakukan sepanjang tahun 2023, meliputi lima fokus isu arahan presiden, yaitu penguatan demokrasi, transfomasi digital, ekonomi hijau. Kemudian ekonomi biru, dan Ibu Kota Nusantara, serta berbagai isu strategis nasional, regional, dan internasional.

Seiring meningkatnya hasil kajian tersebut, jumlah rekomendasi yang dikirimkan ke presiden pun turut mengalami peningkatan dari 68 menjadi 88 rekomendasi.

Dalam paparannya, Maman juga menyampaikan capaian Lemhannas pada tahun 2023, di antaranya perolehan opini WTP Lemhannas menjadi 8 kali berturut-turut. Kemudian, capai maturitas SPI mencapai tingkat terdefinisi, nilai sistem merit Lemhannas memperoleh kategori baik, dan hasil Monev Komisi Informasi Pusat (KIP) mendapatkan predikat informatif.

“Selain capaian tersebut, Lemhannas RI juga tengah melakukan perbaikan dan pengembangan kamus kompetensi kepemimpinan nasional yang sedang dalam tahap penyelesaian dengan melakukan pengukuran kepemimpinan nasional melalui assesment center,” kata Maman.

55